Penerapan Akad Mudharabah Muthlaqah pada Produk Tabungan Sahabat serta Kesesuaiannya dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi

  • Munawir Munawir Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) penerapan akad mudharabah pada produk tabungan sahabat di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Banyuwangi; (2) kesesuaian praktek mudharabah pada produk tabungan sahabat di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Banyuwangi dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik dari hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi, selama mengadakan proses penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek penerapan akad mudharabah diterapkan pada produk tabungan sahabat. Hal ini dibuktikan dengan adanya perhitungan bagi hasil.Dalam penerapan akad mudharabah pada produk tabungan sahabat, Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Banyuwangi terlebih dahulu mengitung HI-1000, yakni angka yang menunjukkan hasil investasi yang diperoleh dari penyaluran setiap Rp. 1.000 dana nasabah. Dengan menggunakan metode perhitungan HI-1000, maka sistem bagi hasil telah diterapkan dengan baik oleh Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Banyuwangi. Dalam tinjauan praktek mudharabah pada produk tabungan sahabat dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional, dalam analisis peneliti sudah sesuai. Karena berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional produk tabungan yang dibenarkan adalah produk tabungan yang menggunakan akad mudharabah dan wadi’ah, sedangkan produk tabunga yang tidak dibenarkan pad produk tabungan adalah yang berdasarkan perhitungan bunga.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan-masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam penerapan akad mudharabah pada produk tabungan sahabat tersebut, selain itu juga dapat memberikan pembelajaran yang berimplikasi pada terwujudnya perbankan syari’ah yang berkualitas dan sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN).

Published
2017-03-30
How to Cite
MUNAWIR, Munawir. Penerapan Akad Mudharabah Muthlaqah pada Produk Tabungan Sahabat serta Kesesuaiannya dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi. Jurnal Istiqro': Jurnal Hukum Islam, Ekonomi, dan Bisnis, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 37-48, mar. 2017. ISSN 2460-0083. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/istiqro/article/view/37>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Articles