Reaktualisasi Pendidikan Behavioristik

Penulis

  • Faizzatul Muazzaroh Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif (STAIM) Sampang

Kata Kunci:

Teori Belajar, Behavioristik, perubahan perilaku, stimulus, respon, reinforcement

Abstrak

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa persoalan dalam dunia pendidikan tidak kunjung usai. Hingga akhirnya berbagai teori belajar muncul sebagai salah satu tawaran pemecahan problematika dalam kegiatan pembelajaran. Diantara berbagai teori yang banyak memberikan kontribusi adalah teori belajar Behavioristik. Terdapat beberapa tokoh yang memiliki andil dalam perkembangan teori ini, diantaranya: Ivan Pavlov dengan teori Clasical Conditioning, Edward Lee Thorndike dengan teori Koneksionisme, Burrhus Frederic Skinner dengan teori Operant Conditioning, John Broadus Watson dengan teori Conditioning, Edwin Ray Guthrie dengan teori Contiguous Conditioning Theory, dan Carl Leonard Hull dengan teori Drive Reduction Theory.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-02-16

Terbitan

Bagian

Articles