Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Berbicara Bahasa Inggris Melalui Program English Day di MI Bilingual Roudlotul Jannah Prambon
DOI:
https://doi.org/10.30739/darussalam.v16i2.3394Keywords:
Self-Confidence, Speaking skill, English Day ProgramAbstract
Abstract
Speaking skills are one of the skills that students must have in improving English language skills. However, one of the factors that make students unable to master speaking skills is the lack of confidence possessed by students. In addition, to make students confident, one of them is by increasing practice in speaking English and a supportive environment. Through the English Day program, students are required to speak in English for 2 days when learning in class and outside the classroom. This study aims to increase students' confidence in speaking English through the English Day program. In collecting data, researchers used descriptive qualitative methods. The collection techniques in this study used observation and interviews. The subjects used in the study were Full English 3rd grade students with a total of 32 children. From the results and discussion it can be concluded that the English Day program can increase students' confidence in speaking English. However, there are some students who still lack confidence in speaking English with the surrounding environment.
Keyword: Self-Confidence, Speaking skill, English Day Program
Abstrak
Keterampilan berbicara salah satu keterampilan paling penting yang perlu dimiliki siswa untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Namun, salah satu alasan mengapa tidak dapat mengusai keterampilan berbicara yaitu siswa memiliki rasa kurang percaya diri. Selain itu, untuk membuat siswa percaya diri salah satunya dengan cara memperbanyak praktik dalam berbicara Bahasa Inggris dan lingkungan yang mendukung. Melalui program English Day siswa diwajibkan untuk berbicara dalam Bahasa Inggris selama 2 hari ketika pembelajaran di kelas dan luar kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat tingkat kepercayaan diri siswa meningkat ketika berbicara Bahasa Inggris melalui program English Day. Dalam mengumpulkan data memakai metode kualitatif deskriptif. Terdapat 2 teknik yaitu melalui cara observasi dan wawancara. Subyek yang ada pada penelitian yaitu seluruh siwa kelas 3. Dari hasil dan pembahasan bisa ditarik kesimpulan bahwa program English Day bisa meningkatkan kepercyaan diri siswa untuk berbicara Bahasa Inggris. Namun, ada beberapa yang belum berani mempraktikkan di lingkungan sekitarnya.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Keterampilan Berbicara, Program English Day
Downloads
References
Mahbud, A.M, D.A Nugraheni, S. Bulqiyah, D.N.I Sari. 2021. Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif Melalui Program English Day Pada Madrasah Aliyah, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 5(2).
Aryaputri, N, dan N. Kaniadewi. 2024. Improving Students’ English-Speaking Skills Through the English Day Program, IDEAS Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 12(2): 894–906.
Beayl, Stenly, dan Haliah B.U Syam. 2023. Pelaksanaan Program English Day Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Sebelas Di Sman 18 Makassar, AKADEMIS Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 8(11).
Dahlan, M.R dan M. Murad. 2023. Keberanian Mengemukakan Pendapat dan Pemahaman Siswa, Jurnal on Education 6 (1):775-786.
Diantoro, P. 2016. The Implementation of English Day Program in SMK Putra Indonesia Malang. Skripsi. Universitas Negeri Brawijaya Malang. Malang
Maharani, L, Khunafah, U. Faruq, dan M.Y.M El-Yunusi. 2023. Transformasi Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis Digital Dan Vak Method Dalam Meningkatkan Kognitif Siswa, TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1):82.
Muqorrobin, M, W.E. Bindarti, S. Sundari. 2022. Factors Contributing To Learners’ Lack Of Self-Confidence In Speaking English, EFL Education Journal, 9(1): 27–37.
Pham, A.T, H.T. Hong, T.T. Chau, N.V.A. Le, P.T.T. Tran. 2021. The Relationships Between Students’ Self-Confidence and Their English-Speaking Performance: A Case Study Of English-Majored Students At A Private University In Vietnam. European Journal of Education Studies, 8(9).
Prihamdani, D, Haerudin, N. Apriselya. 2021. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPB Karawang 1(1).
Putri, Brigitta, dan Atika Tyagita. 2022. Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Kegiatan English Day. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 2(3).
Nety, Asti W.B, Nurhaeni. 2020. Students’ Self Confidence In Speaking English. English Education Journal (E2j) 6(1).
Widodo, Antok, dan M. Y. M. El-Yunusi. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Ilmu Pendidikan Islam Di Sekolah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 15(2):251–58.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua artikel yang dipublikasikan dapat diakses secara umum melalui online dan bersifat bebas download
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/