Pendidikan Pendidikan Multikultural Berbasis Kitab Kuning Santri Di Ponpes Al-Mukhlisin Kota Batu

Pendidikan Multikultural Berbasis Kitab Kuning Santri Di Ponpes Al-Mukhlisin Kota Batu

Authors

  • Ririn Ambar Wati UIN SUNAN AMPEL SURABAYA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i2.1254

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Ponpes, Kitab Kuning

Abstract

Pendidikan multikultural dengan corak keislaman menjadi begitu penting untuk di implentasikan dalam kegiatan belajar-mengajar di Pesantren. Pondok pesantren Al-Mukhlisin Areng-Areng Kota Batu berdiri dengan tujuan mendidik generasi bangsa, hal itu diwujudkan dengan mengajarkan nilai-nilai agama islam kepada para santri dengan baik dan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Datanya adalah dianalisis, baik menggunakan reduksi data, penyajian data, maupun verifikasi data induktif, deduktif, dan komparatif. Hasil penelitian mendsekripsikan bahwa pelajaran pada kitab-kitab kuning (klasik) memiliki muatan nilai-nilai menghargai keberagaman, toleransi, dan hak-hak kemanusian, dengan ini maka tujuan pembelajaran Pendidikan multikulturan telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pembelajaran dapat berupa kajian umum ataupun dalam bentuk fucus grup discussion.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Munawar, S. A. H. (2003). Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam. Ciputat Press.
Aly, A. (2011). Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren (Telaah terhadap Kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta). Pustaka Pelajar.
Anggriamurti. (2009). Pendidikan Konstruktivisme. Alfabeta.
Anwar, S. (2008). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural (Studi Upaya Guru dalam Pengembangan Wawasan Multikultural Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, dalam Penamas. Jurnal Penelitian Agama Dan Kemasyarakatan, XXI(1).
Dawam, A. (2003). “Emoh Sekolah" Menolak Komersialisasi Pendidikan dan Kanibalisme Intelektual Menuju Pendidikan Multikultural. Inspeal Press.
Faizin, H. (2009). Pesantren: Wajah Multikultural Islam Indonesia Dalam Andi Rahman Alamsyah Dkk, Pesantren, Pendidikan Kewarganegaraan Dan Demokrasi. Badan Litbang dan Diklat Depertemen Agama RI.
M. Amin Abdullah. (2005). Pendidikan Agama Era Multikultural-Multireligius. PSAP.
Norman K. Denzin and Yvonna S. Lincoln. (2005). Introduction The Discipline And Practice Of Qualitative Research. In The Sage Handbook Of Qualitative Research. SAGE Publications.
Nurhasana, L. (2014). Multukulturalisme Azyumardi Azra dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam.
Rahim, Rahmawaty. (2012). Signifikansi Pendidikan Multikultural Terhadap Kelompok Minoritas. Jurnal Studi Keislaman, xx(VII).
Tilaar, H. A. R. (n.d.). Multikulturalisme, Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Grasindo.
Windu Trias Kurniawan. (2017). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI PESANTREN (Studi Kasus di Pesantren Miftahussalam Banyumas).

Downloads

Published

2022-04-16

Issue

Section

Articles

Citation Check