MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI DI DESA TERPENCIL DAERAH LAHAN BASAH

(STUDI KASUS DI KEC. BUMI MAKMUR DAN KEC. KURAU)

Authors

  • Nur Husna Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Maisarah Maisarah
  • Dhafa Rania Intan
  • Muhammad Arif Rahman
  • Thaibatun Nissa

DOI:

https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i2.1202

Keywords:

Model Pendidikan, Agama Islam, Daerah terpencil, Masa Pandemi

Abstract

 Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui problematika masyarakat dalam memberikan Pendidikan Agama Islam dan mengetahui model Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan masyarakat pada masa pandemi covid-19 di daerah lahan basah kecamatan Bumi Makmur dan kecamatan Kurau, provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, dengan teknik pengambilan sampel pada umumnya secara random. Adapun pengumpulan data diperoleh melalui survey, wawancara, dan kuesioner kepada tenaga pendidik di beberapa sekolah. Berdasarkan hasil survey angket pada 7 guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD/MI (58,3%), 4 guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP/MTs (33,3%), dan 1 guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA/MA (8,3%) menunjukkan bahwa sekolah yang berada di kecamatan Bumi Makmur dan Kurau tidak menggunakan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online. Namun ada 41,7% pendidik menggunakan aplikasi whatsapp. Selebihnya pembelajaran dilaksanakan secara terbatas di rumah guru dan di rumah siswa masing-masing. Kemudian terdapat 91% siswa SD-SMP tidak memiliki smartphone, sehingga tidak memungkinkan untuk melaksanakan pembelajaran full online. Kendati terdapat beberapa kendala tersebut, namun para Guru Pendidikan Agama Islam di Bumi Makmur dan Kurau tetap berusaha optimal dalam memberikan materi kepada siswa, ditambah dengan pemanfaatan buku paket dan LKS (Lembar Kerja Siswa) sebagai penunjang pembelajaran.

Kata Kunci: Model Pendidikan, Agama Islam, Daerah terpencil, Masa Pandemi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi. 1987. Ilmu Pendidikan Islam. Salatiga: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Salatiga.
_______.1992. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Ahid, Nur. 2010. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
An-Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka cipta.
Darajat, Zakiyah. 1993. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung:PT.
Rosdakarya.
_____________. 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga. Bandung: CV Rohanna
Djamarah.2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fatchurrohman. 2012. Kemitraan Pendidikan Relasi Sinergis antara Sekolah, keluarga, dan masyarakat. Salatiga: STAIN Salatiga press.
Ghani, Junaidi. 1997. Dasar-Dasar Pendidikan Kualitatif, Prosedur, Teknik dan Teori Grounded. Surabaya: PT. Bila Ilmu.
Indrafachrudi, Soekarto. 1983. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mardalis. 2007. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mujib, Abdul & Jusuf Mudzakkir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Nawawi, Hadari. 1993. Pendidikan Dalam Islam. Surabaya: Al-Ikhlas. Ramayulis.2005.
Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Yogyakarta.
Sagala, Syaiful. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Nimas Multima
Shochib, Moh. 2000. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta:Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suwarno. 1995. Pengantar Umum Pendidikan. Surabaya: Aksara Baru.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Uhbiyah, Nur. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Downloads

Published

2022-04-09

Issue

Section

Articles

Citation Check