PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)
DOI:
https://doi.org/10.30739/jmpid.v6i2.3370Keywords:
Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)Abstract
Implementasi projek penguatan profil pelajar pencasila (P5) yang merupakan program dari Kurikulum Merdeka yang diharapkan dapat meningkatkan pengembangan proyek pembelajaran Pancasila untuk menghasilkan siswa yang berkarakter dan berbakat juga peserta didik dapat mengeksplorasi kegiatan pembelajaran agar tidak monoton dan membuat jenuh siswa. Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMA Roudlatussalam. 2) mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Roudlatussalam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan mengkonfirmasi kepada kepala sekolah terkait kesesuaian hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepala Sekolah berperan penting dalam penerapan P5 kepala sekolah sebagai pembentuk tim pelaksanaan proyek, dan menjadi pengawas dalam pelaksanaan P5, (2) Penerapan P5 di SMA Roudlatussalam Glenmore dalam pelaksanaannya mengacu pada proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan P5. Kegiatan meliputi penentuan tema, modul dan alokasi waktu yang akan digunakan.
Downloads
References
Abdussamad., zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar.
Al Faruq, M. H., & Supriyanto, S. 2020. Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutuguru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 68–76
Al Rosid, M. H., Hidayati, T. R., & Anwar, M. (2024). The Chancellor's Spiritual Leadership in Increasing Work Motivation of Lecturers and Employees. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 399-414.
Ali, K & Prasetyo, A. (n.d.). Implementasi Kearifan Lokal di SD Jagalan 1 Kota Kediri, Bandung: Alfabeta
Kadarsih, I., & Febriani, E, A. 2020. Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah dasar. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan.
Kahfi, A. 2022. Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasnya terhadap karakter siswa di sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam.
Kemendikbudristek. 2022. Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Assesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/20222 Tentang Dimensi, Elemen Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP.
Lickona, T. 2022. Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas, Dan Kebajikan Penting Lainnya. Bumi Aksara.
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar- pancasila
Rosid, M. H. A. R., & Alfaruq, I. G. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Religius, Disiplin, Dan Kreatif Pada Peserta Didik SMK Full Day Sunan Ampel Bangorejo Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(2), 238-255.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif dan R, D.
Torang, Syamsir. 2013. Organisasi dan Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Ulandari. S., & Rapita, D 2023. Implementasi proyek Penguatan Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakat.
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem PendidikanNasional.
Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yuliastuti, S. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema kewirausahaan kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Khoirul Muthoharoh, Amirotun Nahdliyah, Moh. Harun Al Rosid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).













