Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bmt Ugt Sidogiri Cabang Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Yuli Astuti Institut Agama Islam Darussalam Blokagung

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh nasabah tentang kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah, (2) Mengetahui pengaruhnya penerapan prinsip-prinsip syariah terhadap loyalitas nasabah dan (3) Mengetahui kepuasan nasabah terhadap loyalitas. (4) Untuk mengetahui kualitas pelayanan, penerapan prinsip-prinsip syari’ah, kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatam survei ( studi kasus BMT UGT Sidogiri Cabang Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi) yaitu penelitian yang mengambil sampel yang berjumlah 35 responden dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda , didukung dengan uji validitas reliabilitas, simultan dan parsial dengan bantuan Ms. Excel dan SPSS 16.0 Berdasarkan penelitian pada tabel 4.4 uji t variabel kualitas pelayanan (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y), dimana t hitung < t tabel (0,722<2.034). Variabel penerapan prinsip-prinsip syariah (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y), besarnya pengaruh t bitung > t tabel (5,273>2.038). Pengaruh kepuasan nassabah (X3) terhadap loyalitas nasabah 9Y) tidak berpengaruh signifikan, besarnya pengaruh t hitung < t tabel (-0,358 < 2.034), sedangkan hasil penelitian pada tabel 4.5 uji F atau uji simultan diperoleh variabel kualitas pelayanan (X1), penerapan prinsip-prinsip syariah (X2), kepuasan nasabah (X3) dan loyalitas nasabah (Y) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) BMT UGT Sidogiri Cabang Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi, terlihat pada tabel F hitung > F tabel (11.913>2,904). Pada tabel 4.2 uji regresi ganda, variabel penerapan prinsip-prinsip syariah (X3) adalah variabel yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah (Y) yaitu sebesar 89,5%.

Kesimpulan dari penelitian ini secara parsial variabel penerapan prinsip-prinsip syariah (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) sedangkan variabel kualitas pelayanan (X2) dan kepuasan nasabah (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y). Hasil uji F/Simultan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-02