EKONOMI KREATIF: BENTUK USAHA PENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI KEMAYORAN BANGKALAN

Authors

  • A. Taufiq Buhari IAI Syaichona Mohammad Cholil Bangkalan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30739/istiqro.v11i2.4245

Keywords:

Creative Economy, Business Models, Increasing Community Income, Sharia Economic Perspective

Abstract

This study discusses the development of a creative economy based on organic waste management in Kemayoran Village, Bangkalan, through TPS3R Rengkes Onggu. The creative economy is understood as a concept that integrates creativity, knowledge, and information to promote sustainable development, with creativity, invention, and innovation as its main pillars. Factors such as education, skills, experience, age, risk-taking ability, capital/inheritance, market conditions, and discrimination influence income levels. Waste management activities involve collection, sorting, shredding, fermentation using EM4, periodic stirring, grinding, and packaging into 3 kg compost bags. As a result, marketing that was initially limited has now expanded, enabling the production of 0.5–1 ton of compost per month with a turnover of approximately IDR 2,000,000 per sale, although challenges remain in maintaining income stability and management efficiency

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, John. 2014 Research Design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darwanto. 2013. Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Semarang. Jurnal Of Ekonomics. Vol. 2 No.4. 2013 https://media.neliti.com/media/publications/19599-ID.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan (2023), Laporan Timbulan Dan Pengelolaan Sampah Dikelurahan Kemayoran Kabupaten Bangkalan, Bangkalan: DLH Kabupaten Bangkalan

Emzir. 2006 Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Fadilah, Nur. 2019 Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Industri Rumahtangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat(Studi Pada Kelompok Usaha Rumah Tangga Binaan Yayasaneconatural Society Di Kabupaten Kepulauan Selayar). http://eprints.unm.ac.id/14883/.

Heloluddin Dan Wijaya, Hengki. 2013 analisis data kualitatif sebuah tinjauan teori & praktek, Makasar Sekolah Tinggi Theologia Jaffray: UB press.

Ilma, Zidni. 2019“Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Dan Peningkatan Kesejahteraan Msyarakat Perspektif Ekonomi Islam Kel. Tanjungsari Kec. Sukorejo Kota Blitar)”Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. http://repo.iain- tulungagung.ac.id/12991/.

Iskandar. 2017 “Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Pengeluaran Rumah Tangga Miskin Di Kota Langsa” Jurnal Samudra Ekonomika, Vol. 1, No. 2. https://ejurnalunsam.id/index.php/jse/article/view/328

Kartawiria, Rajendra. spiritualitas Bisnis, Jakarta : PT Mizan Publika, Mushaf Al-Azhar. 2010 Al.Qur’an dan terjemah. Bandung:

Nurchayati. 2016 Strategi Pengembangan Industry Kreatif Sebagai Penggerak Destinasi Pariwisata Di Kabupaten Semarang, Fakultas Ekonomika UNTAG Semarang.

Payne, Andrian. 2007 “Penelitian Kualitatif Persepsi Kualitas Produk”, (Jakarta: Prenada Media Group)

Pertiwi, Pitma. 2015 “analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan tenaga kerja di daerah istimewa yogyakarta”, Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/50340/1/SKRIPSI_BUDI%2520WA HYONO_%252010404241036.pdf+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id

Radjab, Enny dan Jam’an, Andi. 2017 “Metodologi Penelitian Bisnis”. Makassar: Lembaga Perputakaan Dan Penerbitan.

Salim & syahrum. 2021 Metode Penelitian Kualitatif, Konsep & Aplikasi Dalam Ilmu Sosial, Keagamaan & Pendidikan. Bandung: Citapustaka media.

Sidiq, Umar Dan Choiri, Miftachul. 2019 “Metode Penelitian Kualitatif Dibidang Pendidikan”. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sugiono. 2015 “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: CV. Alfabeta.

Suparmoko, M. 2018, Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Yogyakarta:BPFE.

Suryana. 2013 Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide Dan Menpitakan Peluang Jakarta: Salemba Empat.

Wahyono, Budiono. 2017 “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi pendapatan Pedagang Di Pasar Bantul kabupaten Bantul”.

Yuliana, Maryam. 2011. “Keterkaitan Antara Pertumbuhan Ekonomi Dan Distribusi Pendapatan (Studi Kasus 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah 2007-2008)”. https://core.ac.uk/download/pdf/11728615.pdf.

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Articles

Citation Check