Multiplier Efek Industri Kreatif terhadap Kondisi Sosial dan Ekonomi Masyarakat Banyuwangi

  • Muhamad Annas Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Banyuwangi
  • M. Alaika Nasrulloh Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Banyuwangi
  • Muh. Harun Al Rosid Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Banyuwangi
  • Lilit Biati Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Banyuwangi

Abstract

Industri tidak dapat lagi bersaing di pasar global dengan hanya mengandalkan harga atau kualitas produk saja, tetapi harus bersaing berbasiskan inovasi, kreativitas dan imajinasi. Pariwisata mempunyai kekuatan sinergik, karena memiliki keterkaitan yang erat dengan berbagai bidang terutama bidang industri kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi effect yang ditimbulkan dengan adanya Industri Kreatif terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Banyuwangi, (2) Menjelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam upaya pengembangan Industri Kreatif, (3)Menjelaskan faktor-faktor yang mendukung keberhasilan dalam pengembangan Industri Kreatif. Industri kreatif sebagai pendukung sektor pariwisata merupakan multisektor yang mencakup berbagai kegiatan perekonomian. Keterkaitan industri kreatif dengan berbagai sektor ekonomi dapat mendorong laju pertumbuhan sektor-sektor tersebut. Kegiatan pariwisata akan menimbulkan permintaan (demand) akan barang dan jasa sehingga akan merangsang pertumbuhan produksi indsutri kreatif. Semakin banyak permintaan wisatawan maupun industri pariwisata, maka akan dapat semakin membangunkan produktifitas sektor-sektor ekonomi lainnya. Peranan industri kreatif sebagai pendukung sektor perekonomian di Kabupaten Banyuwangi menjadi topik yang penting untuk dibahas. Sektor ini di harapkan mampu memberikan perubahan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Banyuwangi. Sebagai daerah yang sedang mengembangkan ekonomi kreatif sebagai salah satu alternatif pembangunan. Melalui penelitian ini diharapkan akan diketahui seberapa besar industri kreatif dan ekonomi kreatif mampu menarik pertumbuhan sektor-sektor perekonomian lainnya.

Published
2017-03-30
How to Cite
ANNAS, Muhamad et al. Multiplier Efek Industri Kreatif terhadap Kondisi Sosial dan Ekonomi Masyarakat Banyuwangi. Jurnal Istiqro': Jurnal Hukum Islam, Ekonomi, dan Bisnis, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 88-104, mar. 2017. ISSN 2460-0083. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/istiqro/article/view/41>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Articles