Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Genteng Banyuwangi Jawa Timur

  • Mahbub Mahbub Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Banyuwangi

Abstract

Perkembangan  perbankkan tidak hanya ditentukan dari keberhasilan dalam mengelola keuangan semata, tapi SDM (Sumber Daya Manusia) juga akan berpengaruh terhadap perkembangan perbankkan.  Agar aktivitas perusahaan berjalan dengan baik, maka perusahaan harus memiliki karyawan yang berpengetahuan dan berketerampilan tinggi serta usaha untuk mengelola perusahaan seoptimal mungkin sehingga kinerja karyawan dapat meningkat. Gaya kepemimpinan dan disiplin karyawan merupakan faktor-faktor yang akan mempengaruhi kinerja karyawan. Baik buruknya gaya kepemimpinan dalam perusahaan akan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan tinggi rendahnya disiplin kerja juga akan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil ialah sampling jenuh sebanyak 14 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket atau koesioner. Angket atau koesioner digunakan untuk memperoleh data tentang gaya kepemimpinan, disiplin kerja dan kinerja karyawan.Yang menjadi tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan BRI Syariah KCP Genteng. Dengan hipotesa: Ha: diduga ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan BRI Syariah KCP Genteng dan Ho: diduga tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan BRI Syariah KCP Genteng. Selanjutnya untuk mengetahui apakah hasil yang dicapai signifikan atau tidak, maka harga Fhitung dibandingkan dengan F tabel, jika Fhitung>Ftabel maka Ho ditolak artinya signifikan dan jika F hitung < F tabel maka Ho diterima artinya tidak signifikan.Teknik alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis ini dengan taraf signifikan α = 0,05 dapat diketahui bahwa Fhitung sebesar 12,865 kemudian membandingkan dengan Ftabel sebesar 3,98, maka Fhitung >Ftabel yang berarti signifikan.  Dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan antara Gaya Kepemimpinan (X1) dan Disiplin Kerja (X2) Terhadap Kinerja Karyawan (Y) BRI Syariah KCP Genteng”, Dengan demikian hipotesis Ha yang diajukan diterima sedangkan hipotesis Ho ditolak.

Published
2017-01-30
How to Cite
MAHBUB, Mahbub. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Genteng Banyuwangi Jawa Timur. Jurnal Istiqro': Jurnal Hukum Islam, Ekonomi, dan Bisnis, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 74-87, jan. 2017. ISSN 2460-0083. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/istiqro/article/view/40>. Date accessed: 21 nov. 2017.
Section
Articles