PENERAPAN STANDAR ENTERPRISE SYARIAH PADA PENGELOLA UMKM UNTUK MEMPERTAHANKAN KEUNGGULAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ansori Ansori STAI YPBWI Surabaya, Indonesia
  • Zaini Tamin AR STAI YPBWI Surabaya, Indonesia
  • Moch Kalam Mollah Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Indonesia
  • Fatchor Rahman STAI YPBWI Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30739/istiqro.v9i1.1716

Keywords:

Standart Enterprise Syariah, Keunggulan Usaha, Pandemi Covid 19, Pengelolaan Usaha Berkelanjutan

Abstract

Penelitian ini berupaya mengkaji dan menganalisis kemampuan pengelola usaha di sektor UMKM dalam mempertahankan usahanya melewati masa Pandemi Covid 19 melalui pendekatan enterprise syariah, yang merupakan strategi pengelolaan usaha berkelanjutan. Penelitian ini mengambil 124 pelaku yang menerapkan prinsip syariah sebagai budaya usaha secara purposive sampling melalui penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akad Murabahah, Akad salam, Akad  Istishna dan kemaslahatan secara bersama-sama memiliki keterkaitan dengan keunggulan bertahan pada UMKM. Koefisien determinasi menunjukkan indikator akad murabahah, salam, istishna dan kemaslahatan secara simultan memberikan kontribusi terhadap keunggulan pelaku usaha untuk bertahan di masa pandemi sebesar 26%. Secara parsial seluruh indikator standart syariah entreprise berpengaruh terhadap usaha pelaku UMKM mempertahankan usahanya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa akad Murabahah yang berorientasi pada harga pokok dan keuntungan yang diambil dapat dipahami dan diterima oleh konsumen. Demikian pula pada aspek akad salam  yang berorientasi pada pengelolaan produk dan bahan yang dijual, akad istishna yang diberikan dan diterima oleh konsumen sebagai suatu kewajaran dan memberikan kepuasan, serta aspek kemaslahatan, yakni perhatian pengelola usaha pada kesejahteraan konsumen dan masyarakat sekitar secara parsial berpengaruh terhadap keunggulan pelaku usaha dalam mempertahankan usahanya di masa pandemi Covid 19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, M.K., dan Febriyanti, N (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19, El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB). Vol. 10, No. 2, hal: 27-42
Alfrian, R.G., & Pitaloka, E. (2020). Strategi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik covid 19 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), Vol. 6 (2), hal: 139-146.
Al-Gharar, M.T.A. (2020). Muamalah Terlarang : Maysir dan Gharar. Jurnal Asy- Syukriyyah, Vol. 18, hal: 24-40
Anggraeni, W.A (2019). Social Performance pada Perbankan Syariah Indonesia: Sharia Enterprise Theory Perspective. Jurnal Wacana Ekonomi. Vol. 18; No. 02; hal: 100-108
Ayodya, W., dan Koswara, E (2014). 101 Solusi Jadi Pengusaha yang Berkah. Jakarta: Elex Media Komputindo
Febianto, I (2010), Shariah Compliant Model of Business Entities, Bandung: Faculty of Economic University of Padjadjaran
Febriyanti, N., & Dzakiyah, K. (2020). Analisis Pengelolaan Keuangan Islam pada Pelaku Usaha Kecil Bisnis Online Anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 9(2), 102–115
Febriyanti, N.A. dan Ihsani, F.A (2020). Cash Waqf Linked Social Entrepreneur, El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB): Vol. 10 No. 1
Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social and Humanities, Vol. 1 (2), hal: 87-95.
Ghazaly, A.R (2010), Fiqih Muamalah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Gurhanawan. (2020). Strategi Optimalisasi Pembiayaan Mudharabah Pada. Journal of Religion and Society, Vol. 2, hal: 62–63.
Hadi, S (2010). Statistik 1. Cetakan Kesepuluh, Jogjakarta: Penerbit Gajah Mada Press.
Huda, C (2016). Model Pengelolaan Bisnis Syari’ah: Studi Kasus Lembaga Pengembangan Usaha Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 24 No. 1, hal: 165-190
Meutia, I. (2010). Menata Pengungkapan CSR di Bank Islam (Suatu Pendekatan Kritis). Jakarta: Citra Pustaka Indonesia
Mufid, M. (2018). Maqashid Ekonomi Syariah : Tujuan dan Aplikasi, Malang: Empat Dua Media
Naili, S (2018) Perencanaan Keuangan Islam Sederhana dalam Bisnis E-Commerce pada Pengguna Online Shopee, Economica: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 9 No. 1
Novarela, D dan Sari, I.M., (2015). Pelaporan Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah Dalam Perspektif Syariah Enterprise Theory, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, Vol. 2, No. 2.
Nur, E. R. (2015). Riba dan Gharar : Suatu Tinjauan Hukum Dan Etika Dalam Transaksi Bisnis Modern. Jurnal Al-‘adalah, Vol. XII (1), hal: 647–662.
Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, hal: 59-64.
Porter, N.D. (2011), Dasar Dasar Ekonometrika = Basic Econometrics: Buku 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Purnomo, A., dan Maulida, A.Z (2017), Implementasi Islamic Financial Planning dalam Perencanaan Keuangan Pengusaha Muslim Alumni Gontor, Jurnal Nuansa. Vol. 14 N0. 1
Rizal, S.S., dan Agustim, K.D (2021). Tinjauan Hukum Ketidak Sesuaian Akad Mudharabah Dalam Pencairan Pembiayaan Pada Bank Syariah. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. Vol 4 No 1, hal: 346-356
Rusydiana, A.S., dan Firmansyah, I (2018). Strategi pengembangan lembaga keuangan mikro syariah di Indonesia: pendekatan matriks IFAS EFAS. Jurnal Ekonomi Islam. Volume 9, Nomor 1
Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur melintasi Pandemi COVID-19. Yogyakarta: K-media.
Suriadi, I., Hailudin, dan Sriningsih, S. (2021). Model Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Mengurai Kemiskinan Di Kota Mataram. Journal of Economics and Business, Vol. 7(1), 82-105.
Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, Vol. 22 (01), hal: 21-32.
Yevis, OM. (2010). Sukses mengelola marketing mix, CRM, Customer value dan Customer dependency. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-01-31

Citation Check