IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DI SMK DARUSSALAM BLOKAGUNG TEGALSARI BANYUWANGI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

  • Mahbub Mahbub Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Siti Rizta Anggraini

Abstract

Penelitian ini diarahkan pada 2 hal pokok yaitu (1) Bagaimana manajemen sarana dan prasarana di SMK Darussalam Blokagung tahun ajaran 2019/2020?. (2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen sarana dan prasarana sekolah di SMK Darussalam Blokagung tahun ajaran 2019/2020?.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknis analisis data interakif dengan proses reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: Observasi (pengamatan), Interview (wawancara), Dokumentasi. Adapun subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakasek bidang sarana dan prasarana, sedang informan penelitiannya yaitu kepala tata usaha, perwakilan beberapa ketua jurusan yaiu ketua jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), ketua jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ),  ketua jurusan Akuntansi, ketua jurusan Tata Busana (TB), dan ketua jurusan Keperawatan.Dari hasil penelitian maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan manajemen  sarana dan prasarana sekolah di SMK Darussalam Blokagung tahun pembelajaran 2019/2020 adalah Kepala sekolah selalu berupaya dalam meningkatkan manajemen sarana dan prasarana yang ada di sekolah SMK Darussalam Blokagung melalui proses perencanaan, pengadaan, pendistribusian, pemeliharaan, inventaris, penghapusan. Disamping itu kepemimpinan kepala sekolah juga dilandasi dengan kompetensi kemajerialan sesuai dengan kompetensi kepala sekolah yang diatur oleh peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 13 tahun 2007, tentang standar kepala sekolah.

Published
2021-04-01
How to Cite
MAHBUB, Mahbub; ANGGRAINI, Siti Rizta. IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DI SMK DARUSSALAM BLOKAGUNG TEGALSARI BANYUWANGI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 52-68, apr. 2021. ISSN 2722-7146. Available at: <https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jmpid/article/view/1001>. Date accessed: 16 oct. 2021.
Section
Articles