Analisis Penerapan Akad Mudharabah Muthlaqah Pada Produk Deposito Mudharabah

(Studi Pada Bank Muamalat Cabang Pembantu Genteng)

Authors

  • Kanzul Fikri Institut Agama Islam Darussalam Blokagung

Abstract

Bank Muamalat Indonesia memiliki banyak produk unggulan, di antaranya Deposito Mudharabah. Penulis akan meneliti produk terebut dalam skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Akad Mudharabah Muthlaqah pada Produk Deposito Mudharabah  di Bank Muamalat Cabang Pembantu Genteng Banyuwangi”. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan akad mudharabah muthlaqah pada produk Produk Deposito Mudharabah di Bank Muamalat Indonesia KCP genteng serta tinjauan fatwa DSN-MUI terhadap pelaksanaan akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan tersebut.

Penulis dalam menyusun skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif, yaitu menggambarkan data-data yang peneliti kumpulkan baik dari hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi selama mengadakan penelitian di Bank Muamalat Cabang Pembantu Genteng.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan akad mudharabah muthlaqah pada Produk Deposito Mudharabah dalam melakukan perhitungan bagi hasil yang harus diperhatikan adalah Hi-1000 (baca ha-i-seribu) yang setiap bulannya selalu terjadi perubahan serta berdasarkan rata-rata saldo nasabah pada setiap bulannya.

 Tinjauan fatwa DSN-MUI terhadap pelaksanaan akad mudharabah muthlaqah pada Produk Deposito Mudharabah, peneliti menganalisa sudah sesuai. Karena berdasarkan fatwa DSN-MUI tentang tabungan yang dibenarkan adalah tabungan yang berdasarkan prinsip mudharabah dan wadi’ah, sedangkan tabungan yang tidak dibenarkan adalah tabungan yang berdasarkan perhitungan bunga.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan-masukan bagi pihak yang berkepentingan dalam penerapan akad mudharabah muthlaqah pada Produk Deposito Mudharabah, selain itu juga dapat memberikan pembelajaran yang berpengaruh pada terwujudnya perbankan syariah yang berkualitas serta sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional No: 02/DSN-MUI/IV/2000.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-02