INTERFERENSI BAHASA USING KE DALAM BAHASA INDONESIA KOMUNIKASI ANTARSANTRI PUTRI PESANTREN BLOKAGUNG BANYUWANGI

  • Isti Nafi'atus Solichah IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Muhammad Abu Riza IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi

Abstract

Interferensi adalah suatu peristiwa percampuran kaidah berbahasa pada sistem yang telah ditentukan sebagai kode etik. Interferensi terjadi di akibatkan adannya kontak bahasa antarabahasa ibu dengan bahasa ajar pada orang yang menguasai dua bahasa. Komunikasi antarsantri pondok pesantren putri Darussalam Blokagung Banyuwangi kebanyakan ialah seseorang dwibahasawan. Santri sebagai bilingualisme menggunakan bahasa indonesia dan bahasa using dalam berdialog atau berkomunikasi. Mitra tutur dalam menanggapi/merespon penutur seorang bilingual mendapatkan hambatan untuk menemukan kata-kata dalam bahasa indonesia, serta lekatnya kebiasaan berbahasa daerah dalam keseharian pemicu serta penyebab masuknya unsur-unsur serapan bahasa using ke dalam bahasa indonesia. Situasi dan kondisi tuturan inilah yang disebut kontak bahasa yang mana akrab disebut interferensi bahasa using ke dalam bahasa indonesia pada komunikasi antarsantri putri.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk interferensi morfologi dan fonologi bahasa using ke dalam bahasa indonesia serta faktornya. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Adapun, Data penelitian ini adalah dialog komunikasi antarsantri putri. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dan teknik catat. Hasil penelitian adalah wujud atau bentuk interferensi morfologi dan fonologi bahasa using ke dalam bahasa indonesia pada komunikasi antarsantri putri asrama al masyithoh pondok pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Seperti contoh pengucapan diftong ai, au, ak pada lafad kelendi [kelendai], gedigu [gedigau] interferensi dapat terjadi pada kata dasar, kata kerja, kata sifat, kata benda, kata bilangan, konjungsi, serta proses afiksasi seperti sufiks –an, -i. Faktor penyebab interferensi salah satunya ialah kebutuhan sinonim, analisis sinkronik dari kontak bahasa dan tipisnya loyalitas bagi seorang penutur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-01
How to Cite
SOLICHAH, Isti Nafi'atus; ABU RIZA, Muhammad. INTERFERENSI BAHASA USING KE DALAM BAHASA INDONESIA KOMUNIKASI ANTARSANTRI PUTRI PESANTREN BLOKAGUNG BANYUWANGI. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 51-59, jan. 2021. Available at: <https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkm/article/view/1168>. Date accessed: 16 oct. 2021.
Section
Articles