ANALISIS NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL TULANG RUSUK MENUJU SURGA KARYA MELLYANA DHIAN (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

  • Agus Fatrullah IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Amri Yahya IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi

Abstract

Novel sebagai salah satu bentuk karya sastra diharapkan dapat menghasilkan nilai-nilai positif bagi pembacanya, sehingga mereka bisa peka terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan sosial dan ]mendorong untuk berperilaku yang baik. Novel biasanya menceritakan tentang gambaran-gambaran realita kehidupan manusia dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Batasan masalah dalam penelitian ini difokuskan pada analisis nilai-nilai edukatif (nilai religius dan nilai moral) dan aspek psikologi sastra pada tokoh utama dalam novel Tulang Rusuk Menuju Surga Karya Mellyana Dhian. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai edukatif dalam Novel Tulang Rusuk Menuju Surga Karya Mellyana Dhian Tinjauan Psikologi Sastra. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak melalui teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukkan adanya kesimpulan dalam novel Tulang Rusuk Menuju Surga Karya Mellyana Dhian ini menyampaikan nilai-nilai Edukatif yang sangat bermanfaat bagi para pembaca dengan menghidupkan isi cerita didalamnya, sehingga dapat menjadi lebih hidup dan menambah variasi serta menghindari hal-hal yang bersifat monoton yang dapat membuat pembaca bosan. Nilai Edukatif yang terdapat dalam novel Tulang Rusuk Menuju Surga Karya Mellyana Dhian, berdasarkan hasil analisis terdiri atas dua aspek. Nilai edukatif tersebut yaitu: (a) nilai Edukatif religi merupakan nilai kerohanian tertinggi dan mutlak serta bersumber pada kepercayaan atau keyakinan manusia, dalam novel Tulang Rusuk Menuju Surga. (b) nilai Edukatif moral yaitu nilai yang menangani kelakuan baik dan buruk, dalam novel Tulang Rusuk Menuju Surga. Dan tinjauan psikologi sastra yang terdiri dari tiga bagian utama yaitu id,ego,superego.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-04
How to Cite
FATRULLAH, Agus; YAHYA, Amri. ANALISIS NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL TULANG RUSUK MENUJU SURGA KARYA MELLYANA DHIAN (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA). Jurnal Kreativitas Mahasiswa, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 26-39, oct. 2021. Available at: <https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkm/article/view/1166>. Date accessed: 16 oct. 2021.
Section
Articles