STRATEGI KOMUNIKASI KELUARGA JARAK JAUH DALAM MEMPERTAHANKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus Pasutri di Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi)

  • Sinta Nuriyatul Janah Institut Agama Islam Darussalam Blokagung
  • Hasyim Iskandar Institut Agama Islam Darussalam Blokagung

Abstract

Pilihan kerja yang sesuai dengan keterampilan yang dimiliki suami, dipengaruhi oleh minimnya ketersediaan lapangan pekerjaan yang beradaditempat yang sama dengan keluarganya. Tidak sedikit dari mereka memilih merantau dengan harapan mendapatkan penghasilan yang lebih menjanjikan dari pada di daerah asal mereka sedangkan istri tetap tinggal dirumah. Hal ini yang menyebabkan terjadinya hubungan jarak jauh antara suami dan isri. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1 Hambatan komunikasi yang terjadi pada pasangan jarak jauh di Dusun Sumberurip Desa Barurejo Kecamatan Siliragung diantaranya adalah: waktu, hambatan pelaku komunikasi  (komunikan dan komunikator) dan hambatan dalam penyediaan/ simbol. 2. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh keluarga jarak jauh di Dusun Sumberurip Desa Barurejo Kecamatan Siliragung. Diantaranya adalah: a. Memili hwaktu yang tepat untuk berkomunikasi b. Tidak mengirimkan pesan teks ketika sedang membahas permasalahan yang serius agar tidak terjadi salah paham. c. Media yang digunakan yaitu smart phone dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp. d. Berkabar walau tidak setiap waktu. e. Komitmen. f. Apresiasi dan Afeksi. g. Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual dan Agama. h. Komunikasi yang Positif.

Published
2021-09-09
How to Cite
JANAH, Sinta Nuriyatul; ISKANDAR, Hasyim. STRATEGI KOMUNIKASI KELUARGA JARAK JAUH DALAM MEMPERTAHANKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus Pasutri di Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi). JKaKa:Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 136 - 156, sep. 2021. ISSN 2798-2211. Available at: <https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkaka/article/view/1129>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.30739/jkaka.v1i2.1129.
Section
Articles