PENGARUH PEMBACAAN AYAT SUCI Al-QUR’AN TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN SANTRI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI ASRAMA ASYAFI’IYAH PONDOK PESANTREN PUTRI UTARA DARUSSALAM BLOKAGUNG TEGALSARI BANYUWANGI

  • Masnida Masnida Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Ajeng Prisca Iradane Institut Agama Islam Darussalam Blokagung

Abstract

Pendekatan Penelitian ini Menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk jenis penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sebagai populasi adalah santri asrama Asyafi’iyah pondok pesantren putri utara Blokagung, Tegalsari, Banyuwangi. Untuk sampel menggunakan metode Simple  Random  Sampling yang diambil hanya dari santri asrama Asyafi’iyah. Untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket atau kuisioner. Pemberian skor dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dari Pearson, standar validitas yang digunakan adalah . Uji realibilitas dilakukan dengan uji Alpha Cronbach. Untuk analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi t sebesar 3,845 lebih besar > dari 0,254 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembacaan Al-qur’an terhadap penurunan kecemasan santri pondok pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari banyuwangi (studi kasus asrama Asyafi’iyah)

Published
2021-09-09
How to Cite
MASNIDA, Masnida; IRADANE, Ajeng Prisca. PENGARUH PEMBACAAN AYAT SUCI Al-QUR’AN TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN SANTRI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI ASRAMA ASYAFI’IYAH PONDOK PESANTREN PUTRI UTARA DARUSSALAM BLOKAGUNG TEGALSARI BANYUWANGI. JKaKa:Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 118 - 135, sep. 2021. ISSN 2798-2211. Available at: <https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkaka/article/view/1126>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.30739/jkaka.v1i2.1126.
Section
Articles