ANALISIS BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (STUDI KASUS DI SALAH SATU KELUARGA DESA BLANG MANGAT)

(Studi Kasus Di Salah Satu Keluarga Desa blang mangat)

Authors

  • nurmalisa dara vonna UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Ahmad Fauzi UIN Sunan Kalijaga, Jl. Laksda Adisucipto, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30739/jbkid.v2i2.1725

Keywords:

tutoring, parents, learning achievement

Abstract

Abstract

The purpose of this study was to determine parental tutoring for children in improving children's learning achievement in the village of Blang Mangat. The researcher took a qualitative research with descriptive method. The research location is in the village of Blang Mangat. Research informants are parents and children. data collection in this study was through interviews Via Whatsapp, then the data that had been collected was analyzed, the data sources used in this study were primary data and secondary data. Data analysis techniques are carried out through data reduction, data presentation and conclusions. The results of this study are parental tutoring for children in improving learning achievement is still not optimal, because parents still pay less attention to their children's learning parents still always accompany and guide children in the learning process, then parents' barriers in guiding their children because of television, because Therefore, parents must always monitor their children, so that children can improve their performance better.

Keywords: tutoring, parents, learning achievement

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan belajar orang tua terhadap anak dalam meningkatkan prestasi belajar anak di desa blang mangat.Peneliti mengambil penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di Desa Blang Mangat. Informan penelitian adalah orang tua dan anak. pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara lewat via whatsapp, kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analis data dilakukan melalui cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bimbingan belajar orang tua terhadap anak dalam meningkatkan prestasi belajar masih belum optimal, karena orang tua masih kurang memperhatikan belajar anaknya orang tua tetap selalu mendampingi dan membimbing anak dalam proses belajar, kemudian hambatan orang tua dalam membimbing anaknya karena televisi, oleh karena itu orang tua tetap harus selalu memantau anak, agar anak dapat meningkatkan prestasi yang lebih baik.

Kata kunci: bimbingan belajar, orang tua, prestasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-15

Citation Check