Pengaruh Kenaikan Harga Beras terhadap Kualitas Produk Warung Makan Milik Orang Muslim di Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang

  • Muhammad Farid Institut Agama Islam Syarifuddin, Lumajang
  • Nurhafid Ishari Institut Agama Islam Syarifuddin, Lumajang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenaikan harga beras terhadap kualitas produk warung makan milik orang muslim di Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, keusioner, wawancara, yaitu data yang mengandung keterangan serta penjelasan nasabah dalam menabung emas. Kemudian diakukan analisis terhadap data – data yang di peroeh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, Uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji i serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) dan pengujian hipotesis secara simultan (uji F) diperoleh nilai t hitung = 3,942 dengan nilai probabilitas t hitung sig. = 0,000 dan nilai F hitung = 15,541 dengan nilai probabilitas F hitung sig. = 0,000. Karena nilai probabilitasnya di bawah 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dengan signifikansi 5% atau dengan tingkat kepercayaan 95 % dapat disimpulkan bahwa perubahan kenaikan harga beras berpengaruh positif terhadap kualitas produk warung makan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D. Wahyu. Modul 1: Manajemen Kualitas. EKMA4265.
Asnawi, Nur dan Masyhuri. 2011. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-Maliki Press
Badan Pusat Statistik. 2018. Berita Resmi Statistik; Perkembangan Indeks Harga Konsumen/Inflasi Jawa Timur Januari 2018 No. 08/02/35/Th, XVI, 1 Februari 2018. Surabaya: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur.
Boediono. 2014. Ekonomi Makro. Yogyakarta: BPFE.
Burhan, M. Umar. 2006. Konsep Dasar Teori Ekonomi Mikro. Malang: BPFE UNIBRAW.
Diana, Ilfi Nur. 2008. Hadis-Hadis Ekonomi. Malang: UIN-MALANG PRESS.
Karim, Adiwarman A. 2014. Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: Rajawali Pers.
Kementrian Agama RI. 2011. Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang disempurnakan). Jakarta: Widya Cahaya.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas jilid 2, terj. Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Marwanto, Aris. Marketing Sukses. 2015. Yogyakarta: Kobis.
Oktima, Nurul. 2012. Kamus Ekonomi. Surakarta: Aksarra Sinergi Media.
Rahardja, Prathama dan Mandala Manurung. 2016. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi) Edisi Ketiga. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
SISKAPERBAPO. 2018. Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur; Grafik Harga Rata-Rata Beras Kabupaten Lumajang di Tingkat Konsumen. Disperindag Jatim.
. 2018. Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur; Grafik Harga Beras di Tingkat Produsen. Disperindag Jatim.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management Edisi Revisi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Published
2021-02-14
How to Cite
FARID, Muhammad; ISHARI, Nurhafid. Pengaruh Kenaikan Harga Beras terhadap Kualitas Produk Warung Makan Milik Orang Muslim di Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang. Jurnal Istiqro, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 109-128, feb. 2021. ISSN 2599-3348. Available at: <https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/istiqro/article/view/763>. Date accessed: 16 may 2021. doi: https://doi.org/10.30739/istiqro.v7i1.763.
Section
Articles