Apresiasi Gelar Syaikhoh Rahmah el-Yunusiyah Sebagai Pionir Pendidikan Perempuan Asal Minangkabau

Authors

  • Aida Farida Zahra Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Siti Romlah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Murodi Murodi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Syamsul Yakin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30739/darussalam.v16i1.3294

Keywords:

Kepemimpinan, Pendidikan Perempuan, Rahmah el-Yunusiyah, Syaikhoh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan Rahmah el-Yunusiyah dalam memajukan pendidikan perempuan di Minangkabau serta alasan Rahmah el-Yunusiyah mendapatkan gelar Syaikhoh. Rahmah el-Yunusiyah merupakan tokoh penting yang mendirikan Diniyah Puteri Padang Panjang, sekolah khusus perempuan pertama di Minangkabau. Penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan studi riset kepustakaan yaitu dengan cara menelusuri sumber-sumber data dari berbagai bacaan tanpa melibatkan penelitian lapangan. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis secara objektif dan sistematis sesuai prosedur yang ada.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rahmah el-Yunusiyah memiliki visi untuk memajukan pendidikan perempuan. Rahmah el-Yunusiyah dikenal sebagai pendidik yang menerapkan metode pengajaran inovatif hingga pada akhirnya mendapatkan gelar syaikhoh dari Universitas Al-Azhar pada tahun 1957. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan Syaikhoh Rahmah el-Yunusiyah tidak hanya memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan perempuan di Minangkabau, tetapi juga memberikan inspirasi bagi perkembangan pendidikan perempuan di Indonesia. Gelar syaikhoh diberikan kepada Rahmah el-Yunusiyah sebagai pengakuan atas kepemimpinannya yang luar biasa dalam pendidikan perempuan dan kontribusi besarnya dalam mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia. Gelar ini mencerminkan penghargaan terhadap dedikasinya dalam menciptakan sistem pendidikan yang komprehensif bagi perempuan, serta perannya sebagai teladan bagi generasi selanjutnya.

Kata kunci: Kepemimpinan, Pendidikan Perempuan, Rahmah el-Yunusiyah, Syaikhoh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, N. 2016. Rahmah El Yunusiyyah Kartini Padang panjang 1900-1969. Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama Dan Perubahan Sosial, 10(2).

Abudinata. 2010. Ilmu Pendidikan Islam (Cetakan ke 1). Kencana.

Adib, M. A. 2022. Pendidikan Perempuan dan Pemisahan Kelas: Kajian Pemikiran Rahmah el-Yûnusiyah. At-Tafkir, 15(2), 1–16. https://doi.org/10.32505/at.v15i2.4735.

Afiqul Adib, M. 2022. Pendidikan Kontekstual dan Keterikatan dengan Masyarakat (Analisis Pemikiran Rahmah el Yunusiyah). JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(2), 71–81. https://doi.org/10.56806/jh.v3i2.89.

Ajisman. 2017.. Tokoh inspiratif bangsa. Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Al-Fathoni, M., Zulmuqim, & Masyudi, F. 2023. Studi Kritis Terhadap Pembaharuan Pemikiran Pendidikan Islam Abdul Karim Amrullah, Abdullah Ahmad, Rahmah El-Yunisiyah, Dan Syekh Sulaiman Ar-Rasuli). Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.62504/8c653r54.

Furoidah, A. 2019. Tokoh Pendidikan Islam Perempuan Rahmah El-Yunusiah. FALASIFA?: Jurnal Studi Keislaman, 10(2), 20–28. https://doi.org/10.36835/falasifa.v10i2.194.

Hamruni. 2004. Pendidikan Perempuan dalam Pemikiran Rahmah El-Yunusiyah. Jurnal Kependidikan Islam, 2(1). https://doi.org/http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8550.

Ikhsan, R., Nurhapipah, Zulmuqim, & Mashyudi, F. 2023. Studi Kritis Pembaruan Pendidikan di Minangkabau. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.62504/veh7qp40.

Isnaini, R. L. 2016. Ulama Perempuan dan Dedikasinya dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Rahmah El-Yunusiyah). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.1.

Januar, & Rahmi, A. 2022. Pemikiran Rahmah El Yunusiah dan Penerapannya dalam Pendidikan Islam Perempuan di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Gender Dan Gerakan Sosial, 1(1), 642–652.

Jasmi, K. 2020. Perempuan Yang Mendahului Zaman. Republika.

K, D., & P, D. M. 2022. Konsep Pendidikan Perempuan Islam Menurut Rahmah El-Yunusiyah Tentang Kesetaraan Pendidikan Bagi Kaum Perempuan. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Rasyad, A. 1991. Hajjah Rahmah El-Yunusiyyah dan Zainuddin Labay El-Yunusy Dua Tokoh Bersaudara Tokoh Pembaharu Sistem Pendidikan di Indonesia: Riwayat Hidup, Cita- cita dan Perjuangannya (p. 36). Pengurus Perguruan Diniyyah Puteri Perwakilan Jakarta.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.

Syamsi, M. 2018. Konsep Pendidikan Agama Islam: Studi Atas Pemikiran Ibnu Qoyyim Al-Jawziyyah. ATTAQWA Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.54069/attaqwa.v14i2.3.

Untung, S. 2005. Muhammad Sang Pendidik. Pustaka Rizki Putra.

Wati, S., & Eliwatis, E. 2021. Rahmah El- Yunusiyyah (Inspirator Pendidikan Bagi Kaum Hawa). At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 51. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3338

Yulanda, N., Muchtar, S. Al, Malihah, E., & Sapriya, S. 2022. Kecerdasan Beragama Berbasis Pendidikan Surau dalam Pembelajaran di Minangkabau. Research and Development Journal of Education, 8(2), 456. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12154.

Downloads

Published

2024-09-20

Citation Check