KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS X MIPA 4 DAN X MIPA 5 SMA DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI
DOI:
https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v4i2.2812Keywords:
Kesantunan, Berbahasa, Tindak Tutur, PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam pembelajaran materi bahasa Indonesia kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 SMA Darussalam Blokagung. Data penelitian berupa tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 SMA Darussalam Blokagung. Sumber data penelitian adalah interaksi siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik cakap. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menemukan 31 tuturan kesantunan berbahasa, dengan rincian 7 tuturan maksim kebijaksanaan, 3 tuturan maksim kedermawanan, 3 tuturan maksim penghargaan, 17 permufakatan dan 1 tuturan maksim kesimpatian.
Downloads
References
Albaburrahim. 2019. Pengantar Bahasa Indonesia untuk Akademik, Malang: CV. Madza Media.
Hidayah, Tuti dkk. 2020. Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi Pada Film “Papa Maafin Risa”: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (hlm. 71-80).
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa. Depok: PT. Raja grafindo Persada Rosdakarya.
Ma’arif, Moh. Syamsul & Ummah, Anny Mufidatul. (2022). Perubahan Fonologis dan Proses Morfologis Bahasa Prokem dalam komunikasi Pimpinan Ranting IPPNU Karangdoro. Jurnal PENEROKA, 2 (01), 32–47.
Moleong, Lexy J. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.
Rahardi, Kunjana dkk. 2019. Pragmatik Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa. Ciracas, Jakarta:erlangga.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartono. 2020. Pragmatik Konteks Indonesia, Gresik: Graniti.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja.
Yusri. 2016. Ilmu Pragmatik dalam Perspektif Kesopanan Berbahasa. Yogyakarta: copyright.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Moh. Syamsul Ma'arif Ma'arif, Nurul Magfiroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).