KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS X MIPA 4 DAN X MIPA 5 SMA DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI

Authors

  • Moh. Syamsul Ma'arif Ma'arif UIMSYA, Indonesia
  • Nurul Magfiroh UIMSYA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v4i2.2812

Keywords:

Kesantunan, Berbahasa, Tindak Tutur, Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam pembelajaran materi bahasa Indonesia kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 SMA Darussalam Blokagung. Data penelitian berupa tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 SMA Darussalam Blokagung. Sumber data penelitian adalah interaksi siswa dan guru. Teknik pengumpulan data  menggunakan teknik simak dan teknik cakap.  Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menemukan 31 tuturan kesantunan berbahasa, dengan rincian 7 tuturan maksim kebijaksanaan, 3 tuturan maksim kedermawanan, 3 tuturan maksim penghargaan, 17 permufakatan dan 1 tuturan maksim kesimpatian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albaburrahim. 2019. Pengantar Bahasa Indonesia untuk Akademik, Malang: CV. Madza Media.

Hidayah, Tuti dkk. 2020. Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi Pada Film “Papa Maafin Risa”: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (hlm. 71-80).

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa. Depok: PT. Raja grafindo Persada Rosdakarya.

Ma’arif, Moh. Syamsul & Ummah, Anny Mufidatul. (2022). Perubahan Fonologis dan Proses Morfologis Bahasa Prokem dalam komunikasi Pimpinan Ranting IPPNU Karangdoro. Jurnal PENEROKA, 2 (01), 32–47.

Moleong, Lexy J. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Rahardi, Kunjana dkk. 2019. Pragmatik Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa. Ciracas, Jakarta:erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. 2020. Pragmatik Konteks Indonesia, Gresik: Graniti.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja.

Yusri. 2016. Ilmu Pragmatik dalam Perspektif Kesopanan Berbahasa. Yogyakarta: copyright.

Downloads

Published

11-12-2023

How to Cite

Ma’arif, M. S. M., & Nurul Magfiroh. (2023). KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS X MIPA 4 DAN X MIPA 5 SMA DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2), 52–67. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v4i2.2812

Citation Check