Strategi Pemasaran Produk Penghimpunan Dana Tabungan Rinjani Ib Bsr Pada Bprs Bumi Rinjani Kepanjen Kantor Kas Lawang

  • Yuliyanti M Manan Universitas Islam Raden Rahmat, Malang Indonesia
  • Karima Nur Azizah Universitas Islam Raden Rahmat, Malang Indonesia

Abstract

Tingkat persaingan yang semakin tinggi antar bank dikarenakan banyaknya produk unggul yang diciptakan menjadi alasan untuk setiap bank meningkatkan strategi pemasaran.


Seperti halnya bank syariah, BPRS dalam meningkatkan jumlah nasabah dan jumlah nominal penghimpunan dana adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan menarik. BPRS mempunyai visi, misi, tujuan dan sasaran yang harus dicapai, sehingga strategi pemasaran perlu untuk dilakukan.


               Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk penghimpunan dana Tabungan Rinjani IB BSR pada BPRS Bumi Rinjani Kepanjen Kantor Kas Lawang


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berupa analisis deskriptif. Dimana data diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan informan yang disebut dengan data primer dan data – data dari buku, jurnal dan literatur lainnya yang disebut dengan data sekunder.


Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa BPRS Bumi Rinjani Kepanjen kantor kas Lawang menerapkan beberapa strategi pemasaran pada produk Tabungan iB BSR yang dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran. Strategi tersebut diantaranya adalah menentukan Target Pasar, dilakukan dengan merangkul semua sasaran dengan strategi jalur nasabah dan pemanfaatan relasi. Menentukan Bauran Pemasaran melalui penerapan marketing mix 4P (product, price, promotion, place) serta strategi jemput bola dengan metode pendekatan, pengenalan diri, pengenalan produk (promosi) terhadap calon nasabah dengan mendatanginya secara langsung.

Published
2021-07-30
How to Cite
MANAN, Yuliyanti M; AZIZAH, Karima Nur. Strategi Pemasaran Produk Penghimpunan Dana Tabungan Rinjani Ib Bsr Pada Bprs Bumi Rinjani Kepanjen Kantor Kas Lawang. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 151-165, july 2021. ISSN 2775-6084. Available at: <https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/JPSDa/article/view/999>. Date accessed: 28 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.30739/jpsda.v1i2.999.
Section
Articles