EFEKTIVITAS PELATIHAN BAGI TELLER PERBANKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA BPRS MITRA MENTARI SEJAHTERA PONOROGO)

Authors

  • Weni Hastinasari Iain Ponorogo, Indonesia
  • Maulida Nurhidayati Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30739/jpsda.v2i2.1519

Keywords:

Efektivitas, Pelatihan, Teller, Kinerja

Abstract

Abstrak

             Efektivitas merupakan kemampuan seseorang atau organisasi dalam mengoptimalkan sumber dayanya secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai suatu tujuan. Tujuan dari organisasi melakasanakan pelatihan agar para karyawan lebih produktif lagi dalam menjalankan pekerjaannya dan mempunyai kualitas yang leibih baik, dilengkapi dengan keahlian yang lebih dan semakin inovatif dalam menjalankan pekerjaan. Teller pada bank diharapkan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabah, karena teller adalah karyawan bank di garda depan yang setiap harinya berhubungan langsung dengan para nasabah. Tetapi dalam kenyataannya teller BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo bukan lulusan dari perbankan syariah tetapi dengan latar pendidikan non syariah. Hal ini sangat berpengaruh dalam hasil kerja akhir yang nantinya akan menuntukan tingkat kinerja teller pada perusahaan. Tujuan didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelatihan bagi karyawan bagian teller untuk meningkatkan kinerja di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo, faktor-faktor apa yang mempengaruhi pelatihan teller untuk meningkatkan kinerja di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo, dan bagaiamana efektivitas pelatihan bagi karyawan bagian teller untuk meningkatkan kinerja.      Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai atasan, teller, teman kerja dan nasabah BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan teller dilaksanakan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo berjalan dengan baik karena menghasilkan teller dengan kemampuan yang diharapkan oleh perusahaan. Metode yang digunakan efektif dengan memberikan materi dan langsung mempraktikannya sambil bekerja diajari langsung oleh pemateri yang sudah berpengalaman. Terdapat juga dukungan dari atasan, dan materi yang diberikan atasan, teknologi perbankan yang mendukung.. Sehingga dapat merubah teller yang bukan lulusan perbankan syariah mempunyai kemampun yang dibutuhkan oleh BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Program pelaksanaan pelatihan yang dilakukan BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo yaitu sudah efektif dalam meningkatkan kinerja terbukti dengan kinerja teller yang meningkat.

           

Abstract

Effectiveness is the ability of a person or organization in optimizing its resources effectively and efficiently in order to achieve a goal. The purpose of the organization is to conduct training so that employees are more productive in carrying out their work and have better quality, equipped with more expertise and are more innovative in carrying out their work. Tellers at banks are expected to be able to provide satisfactory service to customers, because tellers are bank employees on the front line who deal directly with customers every day. But in reality the teller of BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo is not a graduate of Islamic banking but with a non-sharia educational background. This is very influential in the final work which will later determine the level of teller performance in the company. The purpose of this study is to find out how the implementation of training for teller employees to improve performance at BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo, what factors influence teller training to improve performance at BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo, and how effective the training is for teller employees. to improve performance. This research is a research that uses a qualitative approach by using the type of field research. This research was conducted by interviewing superiors, tellers, co-workers and customers of BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. The data analysis method in this study used the source triangulation method. The results showed that the teller training carried out at BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo went well because it produced tellers with the abilities expected by the company. The method used is effective by providing material and directly practicing it while working, being taught directly by experienced speakers. There is also support from superiors, and material provided by superiors, supporting banking technology. So that it can change tellers who are not graduates of sharia banking to have the skills needed by BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. The training implementation program conducted by BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo is already effective in improving performance as evidenced by the increased teller performance.

 

      

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-31

How to Cite

Hastinasari, W., & Nurhidayati, M. (2022). EFEKTIVITAS PELATIHAN BAGI TELLER PERBANKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA BPRS MITRA MENTARI SEJAHTERA PONOROGO). JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 2(2), 185–196. https://doi.org/10.30739/jpsda.v2i2.1519

Issue

Section

Articles

Citation Check