Tubuh Perempuan Sebagai Komoditas: Objektifikasi Dalam Iklan Bodycare Dari Perspektif Feminis (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough)
DOI:
https://doi.org/10.30739/jdariscomb.v5i2.4130Keywords:
Objektifikasi; Feminisme; Iklan Bodycare; Wacana Kritis.Abstract
Penelitian ini menganalisis objektifikasi tubuh perempuan dalam iklan bodycare melalui perspektif feminis kritis. Iklan dipandang tidak hanya sebagai media promosi, tetapi juga sebagai sarana pembentukan wacana kecantikan yang bersifat patriarkal dan kapitalistik. Dengan pendekatan kualitatif dan analisis wacana kritis Norman Fairclough, serta teori objektifikasi dari Fredrickson, Roberts, Nussbaum, dan Langton, penelitian ini mengungkap bahwa tubuh perempuan dalam iklan direduksi menjadi objek visual yang memenuhi standar kecantikan tertentu. Temuan menunjukkan bahwa representasi tersebut memperkuat stereotip gender dan menciptakan ketidakpuasan tubuh yang terus-menerus, sehingga mendorong perilaku konsumtif. Iklan tidak hanya mencerminkan realitas sosial, tetapi turut mereproduksi ideologi yang merugikan perempuan. Penelitian ini menegaskan bahwa objektifikasi dalam iklan bodycare berdampak pada pembentukan citra diri dan identitas perempuan dalam masyarakat modern.
Downloads
References
Dini Ariani, REPRESENTASI FEMINISME DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Iklan Lipstik Wardah Versi “Color Your Life”) (Makasar, 2018) (Article in online journal)
Farida Hanum., Kajian & Dinamika Gender (Malang: Intrans Publishing, 2018) (Book)
Fredrickson & Roberts, Objectification Theory: Toward Understanding Women’s Lived Experiences and Mental Health Risks (Psychology of Women Quarterly, 21, 1997) (Book)
Hermawan, Herry, and Radja Erland Hamzah, ‘Objektifikasi Perempuan Dalam Iklan Televisi?: Analisis Lintas Budaya Terhadap Iklan Parfum Axe Yang Tayang Di Televisi Indonesia Dan Amerika Serikat’, Jurnal Kajian Media, 1.2 (2017), 166–76 <https://doi.org/10.25139/jkm.v1i2.721> (Article in online journal)
Ihsanullah, Abi, Siti Eka Rahayu, and Valentina Edellwiz Edwar, ‘Objektivikasi Dibalik Subjektifikasi Perempuan Dalam Iklan Pantene: Interview Kerja Yang Terberat’, Jurnal Wanita Dan Keluarga, 1.2 (2020), 40–49 <https://doi.org/10.22146/jwk.1030> (Article in online journal)
Mahanani, Mahvira Putri, Dwi Laraswati, Reva Salsadilla, Hana Nabilah, and Hery Wibowo, ‘Pelatihan Konsep Diri Remaja Putri Untuk Membangun Pemahaman Tentang Standar Kecantikan’, Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.3 (2021), 449 <https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.28134> (Article in online journal)
Martha C Nussbaum, ‘Objectification. Philosophy & Public Affairs’, 1995, 24 (4) 249–291 (Book)
Norman Fairclough, Analsysing Discourse, Textual Analysis for Social Research (Routledge, 2003) (Book)
———, Language and Power 2000. In Language and Power., 2020 (Book)
Pratama, Anggi, Susandi, and Yunita Anas Sriwulandari, ‘Dominasi Pertarungan Simbolik Ideologi Nadiem Makarim: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough’, Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra, & Pengajaran, 9.2 (2022), 24–33 <https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/9128> (Article in online journal)
Puspitasari, Dewi, and Isriani Hardini, ‘The Portraits of Indonesian Women in Advertisements’, Muwazah, 4.2 (2013), 211–27 <https://doi.org/10.28918/muwazah.v4i2.159> (Article in online journal)
Rachman, Anita, ‘CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI’, ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 1 (2018), 28 <https://doi.org/10.33503/alfabeta.v1i1.202> (Article in online journal)
Rae Langton, Sexual Solipsism: Philosophical Essays on Pornography and Objectification (Oxford University Press, 2009) (Book)
Ramdhan, Ali Muhammad, and Freddy Yusanto, ‘Representasi Tentang Eksistensi Perempuan Pada Iklan Teh Sariwangi’, Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 8.2 (2022), 84 <https://doi.org/10.25124/liski.v8i2.4908> (Article in online journal)
Rokhmansyah, Alfian, Pengantar Gender Dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme, 2016 (Book)
Saraswati, Ardhina, and Ni Wayan Sartini, ‘Wacana Perlawanan Persebaya 1927 Terhadap PSSI?: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough (Persebaya 1927’s Resistance Against PSSI: A Norman Fairclough’s Critical Discourse Analysis Study)’, Mozaik Humaniora, 17.2 (2017), 181–91 (Article in online journal)
Satria, Ghozi Daffa, Fajar Junaedi, Program Studi, Ilmu Komunikasi, and Universitas Muhammadiyah, ‘Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Garnier Sakura White Dan Wardah White Secret’, 93–119 (Article in online journal)
Widyatama, Bias Gender Dalam Iklan Televisi (Yogyakarta: Media Presindo, 2006) (Book Section)
Yuliani, Fitri, ‘Konsep Cantik Dan Realitas Kecantikan Bentukan Media’, Jurnal Ilmiah Idea, 1.2 (2022), 136–46 <https://doi.org/10.36085/idea.v1i2.4811> (Article in online journal)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 anggita hikmatul hinayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.