Literature Review: Peran Media Sosial dalam Pembentukan Citra Masjid di Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.30739/jdariscomb.v5i2.4126Keywords:
Social Media, Mosque Image, Communication StrategyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media sosial terhadap citra masjid melalui pendekatan literature review. Masjid sebagai institusi dakwah sekarang dituntut untuk berperan serta secara aktif di dunia digital untuk membangun citra yang baik di masyarakat, khususnya anak muda. Kajian ini dilakukan dengan melihat berbagai literatur akademik yang berkaitan, khususnya tiga studi utama yang membahas strategi komunikasi digital di masjid-masjid di Indonesia, seperti Masjid Agung Demak, Masjid Ulil Albab UII, Masjid Istiqlal dan Masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II Tanjung Morawa. Hasil kajian menunjukkan bahwa media sosial berperan secara signifikan dalam membentuk citra masjid yang positif, komunikatif, dan relevan dengan perkembangan zaman. Citra tersebut dibangun melalui konten visual, pesan-pesan yang bersifat keagamaan, dan interaksi langsung yang mendukung dan memperkuat identitas serta citra masjid. Strategi Komunikasi yang terencana dan bersifat responsif membuat masjid lebih relevan di mata masyarakat khususnya kalangan generasi muda. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial merupakan instrumen yang sangat penting dalam strategi komunikasi dakwah dan citra masjid pada era modern.
Downloads
References
Baeti, N. (2024). Strategi Branding Remaja Masjid dalam Memperkuat Citra Masjid Agung Demak (Studi Instagram @remaja_masjidagung_demak). Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Firmansyah, A., Pinandito, A., & Perdanakusuma, A. R. (2024). Analisis Pengaruh Media Sosial terhadap Minat Kunjungan ke Program Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4), 964. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13659
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/J.BUSHOR.2009.09.003
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15 ed.). Pearson Education Limited.
Nurhayati, H. (2025, Maret 27). Social Media in Indonesia - Statistics & Facts. https://www.statista.com/topics/8306/social-media-in-indonesia
Nurjannah, S. (2022). Analisis peran public relations dalam membangun citra Masjid Ulil Albab UII Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Prihandono, A. R. (2024). Peran Humas Masjid Istiqlal dalam Menjaga Citra Positif. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 4(2), 345–354. https://doi.org/10.54082/jupin.280
Rangkuti, F. (2002). The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. PT Gramedia Pustaka Utama.
Reza, M., & Azhar, A. A. (2023). Strategi Public Relations Masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II Tanjung Morawa dalam Menjaga Current Image Jamaah. PROMEDIA (Public Relation dan Media Komunikasi), 9(1), 1–15. https://doi.org/10.52447/promedia.v9i1.6786
Slama, M. (2015, Agustus 11). Media Sosial Picu Perubahan Perilaku Keagamaan Masyarakat. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/media-sosial-picu-perubahan-perilaku-keagamaan-masyarakat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Parhan Pauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.