Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pengunaan Produk dan Jasa Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Sebagai Salah Satu Pilar Sistem Keuangan Nasional

  • Aan Nasrullah Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul ‘Ula (STAIM) Nganjuk

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah mengkaji uapaya-upaya dari stakeholder lembaga keuangan syariah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengunaan produk dan jasa lembaga keuanga mikro syariah (LKMS), dan bagian faktor pendukuk kestabilan sistem keuangan nasional. Mayoritas penduduk muslim dan mayoritas masih berpenghasilan rendah, tentu merupakan potensi yang besar bagi LKMS, karena akses ke perbankan hanya bagi mereka yang memenuhi persyaratan. Selain itu  kesadaran masyarakat akan kepatuhan syariah semakin meningkat. Namun data menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pengunaan produk dan jasa LKMS masih sangat minim. Oleh karena itu sudah menjadi tugas bagi stakeholder keuangan syariah untuk berupaya secara bersama-sama sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengunaan produk dan jasa LKMS. Dengan strategi kemitraan secara horizontal dan vertikal antar stake holder LKMS, yakni Pemerintah dan Otoritas, Praktisi LKMS, Perguruan Tinggi serta Masyarakat pada umumnya. Yang pada akhirnya akan mendukung stabilitas sistem keuangan nasional, mengingat bahwa lembaga keuangan syariah sudah teruji dan tahan dari krisis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-21
How to Cite
NASRULLAH, Aan. Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pengunaan Produk dan Jasa Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Sebagai Salah Satu Pilar Sistem Keuangan Nasional. PROSIDING, [S.l.], v. 1, n. 8, p. 14-29, feb. 2017. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/proceeding/article/view/180>. Date accessed: 26 may 2018.