Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Prinsip Syariah Terhadap Minat Masyarakat Dalam Memilih Produk Perbankan Syariah

(Studi Pada Lingkungan Warga Dusun Blokagung RT 02/04 Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi)

  • Elly Masykuroh Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Prinsip Syariah Terhadap Minat Masyarakat Dalam Memilih Produk Perbankan Syariah (Studi Pada Lingkungan Warga Dusun Blokagung RT 02/04 Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi).Jenis penelitian ini berupa penelitian eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif dimana terdapat tiga variabel independen yaitu variabel pengetahuan, produk, prinsipsyariah dan minat masyarakat sebagai variabel dependen.Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis dan membuktikan variabel pengetahuan, produk, dan prinsip syariah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat Dusun Blokagung RT 02/04 Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi dalam memilih produk perbankan syariah 2) Untuk menganalisis dan membuktikan variabel pengetahuan, produk dan prinsip syariah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat Dusun Blokagung RT 02/04 Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi dalam memilih produk perbankan syariah 3) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi variabel pengetahuan, produk dan prinsip syari’ah berpengaruh terhadap minat masyarakat Dusun Blokagung RT 02/04 Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi dalam memilih produk perbankan syariah.


Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier ganda tujuannya untuk mengukur intensitas hubungan antara dua variabel atau lebih dan membuat perkiraan. Untuk membuktikan kevalidan data dan reliabel setiap instrument, menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Hasil penelitian ini sesuia dengan pengujian regresi linier ganda menggunakan aplikasi SPSS 16.0 didapat: 1) Secara Parsial tidak semua variabel berpengaruh secara signifikan, dalam penelitian ini variabel pengetahuan berpengaruh signifikan dengan probabilitas sebesar  0.006 dan variabel prinsip syariah sebesar 0.310. Sedangkan variabel produk signifikan pada 0.05.Dari sini dapat diketahui bahwa variabel produk lebih dominan berpengaruh dari pada variabel pengetahun dan prinsip syariah terhadap minat warga masyarakat dalam memilih produk perbankan syariah 2) Secara simultan variabel pangetahuan, produk dan prinsip syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat warga masyarakat Dusun Blokagung RT 02/04 Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi dalam memilih produk perbankan syariah. 3). Variabel pengetahuan, produk dan prinsip syari’ah memberikan kontribusi sebesar 84% dalam mempengaruhi minat masyarakat dalam memilih produk perbankan syariah dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain dalam penelitian ini sebesar 16%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-02
How to Cite
MASYKUROH, Elly. Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Prinsip Syariah Terhadap Minat Masyarakat Dalam Memilih Produk Perbankan Syariah. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, [S.l.], v. 1, n. 1, nov. 2018. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkm/article/view/319>. Date accessed: 20 nov. 2018.
Section
Articles