Kajian Tentang Adaptasi Santri Baru di Pondok Pesantren Darussalam Putri Selatan Blokagung Perspektif Psikologi Sosial

  • Pebrianti Beti Rahayu Institut Agama Islam Darussalam Blokagung

Abstract

Dalam menghadapi lingkungan baru di pondok biasanya santri baru akan menghadapi permasalahan  mengenai penyesuaian diri. Kebanyakan santri baru tersebut dapat menyesuaikan diri dengan gembira, Akan tetapi sebagian dari mereka  gagal dalam usaha menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.


Setiap manusia mempunyai sifat dan cara yang berbeda dalam menyesuaikan diri. Ada sebagian orang menyesuaikan diri terhadap lingkungan sosial tempat ia bisa hidup dengan sukses; sebagian lainnya tidak sanggup melakukannya; boleh jadi mereka mempunyai kebiasaan yang tidak serasi untuk berperilaku sedemikian rupa, sehingga menghambat penyesuaian diri sosial baginya dan kurang menolong


Dengan latar belakang di atas maka penelitian ini berfokus pada dua rumusan masalah, yaitu: Pertama, Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi adaptasi oleh santri baru di Pondok Pesantren Darussalam Putri Selatan Blokagung? Kedua, Bagaimana karakteristik reaksi adaptasi oleh santri baru di Pondok Pesantren Darussalam Putri Selatan Blokagung?


Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, sember data Sumber data dalam penelitian ini adalah, Santri  Baru, Panitia Pendaftaran Santri Baru (PSB), dokumen-dokumen tentang santri baru, Pengurus Pondok Pesantren, Steak Holder, Setting Sosial (setting social). Pengetahuan dan pandangan santri Pondok Pesantren Darussalam Putri Selatan tentang adaptasi santri baru di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Teknik pengambilan data mengunakan wawancara, observasi,dan dokumentasi.


Penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Putri Selatan. ditemukan:


  1. Faktor- faktor yang mempengaruhi adaptasi santri baru meliputi faktor internal (kondisi fisik, kepribadian, proses belajar) dan faktor eksternal (lingkungan).

2. Karakteristik reaksi yang timbul dari proses adaptasi meliputi reaksi penyesuaian diri normal (penyesuaian diri secara positif) dan reaksi penyesuaian menyimpang (penyesuaian diri secara negatif).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-02
How to Cite
RAHAYU, Pebrianti Beti. Kajian Tentang Adaptasi Santri Baru di Pondok Pesantren Darussalam Putri Selatan Blokagung Perspektif Psikologi Sosial. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, [S.l.], v. 1, n. 1, nov. 2018. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkm/article/view/318>. Date accessed: 20 nov. 2018.
Section
Articles