Metode Dakwah Kh. Mukhtar Syafa’at Abdul Gofur Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Pada Masyarakat Blokagung Tegalsari Banyuwangi

  • Wahyudin Wahyudin Institut Agama Islam Darussalam Blokagung

Abstract

Aktivitas dakwah awalnya hanyalah merupakan tugas sederhana yakni kewajiban untuk menyampaikan apa yang diterima dari Rasulullah SAW Ballighu anni walau ayat, inilah yang membuat kegiatan dakwah boleh dan harus dilakukan siapa saja yang mempunyai rasa keterpanggilan dan kemampuan untuk menyebarkan nilai-nilai Islam.


Hadratus Syaikh al-Fadlil KH. Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur  merupakan seorang sosok Ulama kharismatik yang dijadikan contoh oleh masyarakat luas Dusun Blokagung, baik dari segi prilaku maupun ucapan.  Sosok inilah sebagai figur yang dibutuhkan masyarakat untuk dapat di tiru dalam kehidupan keberagamaan. Sebagai seorang figur, KH. Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur mempunai metode dakwah yang khas disamping mempunyai metode dakwah yang khas beliau memiliki kepribadian yang luar biasa di saat beliau menyampaikan dakwah Islam, hal ini dapat dilihat dari kemampuannya dalam mengakulturasi budaya Hindu Budha untuk kembali kepada ajaran Islam yang sempurna.


Pemikiran Mbah Kiai Syafaat tentang Dakwah, Pemikiran dakwah Mbah Kiai Syafaat ini erat kaitannya dengan apa yang diterapkan oleh Sunan Kali Jaga, yaitu Cultural approach, pendekatan budaya, dan tradisi masyarakat.


Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi permasalahan penelitian yaitu apakah, Metode dakwah yang digunakan oleh KH. Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Pada Masyarakat Blokagung Tegalsari Banyuwangi?


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan keilmuan dakwah, dalam mendapatkan data sumber yang digunakan adalah: 1. Santri alumni yang hidup bersama beliau, 2. Data Arsip & Dokumen, 3. Unit analisis berupa setting sosial (setting social) pengetahuan para masyarakat sekitar tentang KH. Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi.


Penelitian ini menghasilkan tiga hal terkait Metode dakwah KH. Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur pengasuh Pondok Pesantren Blokagung Tegalsari Banyuwangi, adalah menggunakan: Pendekatan Kultural, Pendekatan Keteladanan dan Pendekatan Pendidikan dan Pengajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-02
How to Cite
WAHYUDIN, Wahyudin. Metode Dakwah Kh. Mukhtar Syafaat Abdul Gofur Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Pada Masyarakat Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, [S.l.], v. 1, n. 1, nov. 2018. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkm/article/view/301>. Date accessed: 25 mar. 2019.
Section
Articles