Pengaruh Pendapatan Dan Karakter Nasabah Terhadap Pemberian Pembiayaan Di BMT UGT Sidogiri Capem Jajag Banyuwangi 2016-2017

  • Nur Hakim Institut Agama Islam Darussalam Blokagung

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peranan sektor bisnis UMKM yang dapat mempengaruhi pada kesejahteraan nasional. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pendapatan nasabah dan karakter nasabah dengan kinerja usaha nasabah pembiayaan pada BMT UGT Sidogiri Capem Jajag Banyuwangi.


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pendapatan dan karakter nasabah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pemberian pembiayaan pada populasi nasabah yang di teliti di  BMT UGT Sidogiri Capem Jajag Banyuwangi tahun 2016-2017? (2) Apakah pendapatan dan karakter nasabah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pemberian pembiayaan pada sampel nasabah yang di teliti di  BMT UGT Sidogiri Capem Jajag Banyuwangi tahun 2016-2017? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendapatan dan karakter nasabah terhadap pemberian pembiayaan.


Dalam penelitian ini digunakan metode angket sebagai data primer. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pendapatan, karakter nasabah dan pemberian pembiayaan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Berganda.


Penelitian ini dilakukan pada nasabah pembiayaan di BMT UGT Sidogiri Capem Jajag Banyuwangi. Teknik pengambialan sampel dalam penelitian ini yaitu probability sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data untuk diuji hipotesis atau menjawab pertanyaan mengenai status terakhir dari subjek penelitian


Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan dan karakter nasabah pada tingkat ? 5% atau 0,05  terhadap pemberian pembiayaan di BMT UGT Sidogiri Capem Jajag Bayuwangi pada hal ini ditunjukkan oleh Fhitung> Ftabel atau 8,204 lebih besar dari pada 3,35 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan dan karakter nasabah terhadap pemberian pembiayaan di BMT Sidogiri UGT Jajag.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-02
How to Cite
HAKIM, Nur. Pengaruh Pendapatan Dan Karakter Nasabah Terhadap Pemberian Pembiayaan Di BMT UGT Sidogiri Capem Jajag Banyuwangi 2016-2017. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, [S.l.], v. 1, n. 1, nov. 2018. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkm/article/view/298>. Date accessed: 20 nov. 2018.
Section
Articles