Analisis Hukum Islam Terhadap Sistem Penyewaan Kolam Pancing Di Pemancingan Dusun Blokagung Desa Karangdoro Kabupaten Banyuwangi

  • Ahmad Humaidi Institut Agama Islam Darussalam Blokagung

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan di Kolam Pemancingan Bapak Mabrur Desa Blokagung Banyuwangi dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan Observasi. Selanjutnya data yang berhasil di kumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif analitis yaitu menggambarkan tentang sistem yang ada di penyewaan kolam pemancingan Bapak Mabrur yaitu sistem harian dan sistem kiloan. Selanjutnya data tersebut akan dianalisis dalam perspektif ekonomi Islam dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Dalam persewaan kolam pemancingan Bapak Mabrur memiliki sistem pelayanan sewa harian yang dimaksud sistem sewa harian adalah harga yang ditetapkan untuk semua penyewa sama yaitu Rp. 30.000-, meski manfaat yang diperoleh antara penyewa yang satu dengan penyewa yang lain berbeda. Dan berdasarkan analisis ekonomi Islam sistem penyewaan harian dalam penyewaan Kolam Pemancingan Bapak Mabrur telah memenuhi syarat sah ijarah, karena adanya kesepakatan sewa menyewa antara pemilik kolam dan penyewa meskipun jumlah ikan yang diperoleh antara penyewa yang satu dengan penyewa berbeda dengan harganya sama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-02
How to Cite
HUMAIDI, Ahmad. Analisis Hukum Islam Terhadap Sistem Penyewaan Kolam Pancing Di Pemancingan Dusun Blokagung Desa Karangdoro Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, [S.l.], v. 1, n. 1, nov. 2018. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkm/article/view/294>. Date accessed: 20 nov. 2018.
Section
Articles