Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Karyawan Pada Toko Basmalah Di Kabupaten Banyuwangi

  • Muh. Khoiruddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember
  • Misbahul Munir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember
  • Abdul Rokhim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk mendiskripsikan secara kwantity pengaruh motivasi kerja (X), terhadap kepuasan karyawan (Y) pada toko Basmalah di kabupaten Banyuwangi. Yang  mana ada dugaan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Non Probability sampling dengan membagikan kuesioner kepada seluruh karyawan pada toko Basmalah di Kabupaten Banyuwangi yang sebanyak ada 23 karyawan diseluruh outlet toko Basmalah di Kabupaten Banyuwangi. Analisis datanya menggunakan metode analisis deskripitif, metode analisis statistiknya terdiri dari analisis berupa regresi linier yang sederhana dan pengujian koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan pengaruh signifikan pada faktor motivasi kerja (X), terhadap Kepuasan Karyawan (Y) pada toko Basmalah di Kabupaten Banyuwangi. Hasil yang diperoleh dari uji linier yang bersifat sederhana ini, menerangkan bahwa Motivasi Kerja didalam penelitian ini, memiliki pengaruh  signifikan pada Kepuasan Karyawan, hal itu ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai dari koefisien deternimasi (R2) sebesar 0,536 yang artinya bahwa Motivasi Kerrja memiliki pengaruh sebesar 53,6% terhadap Kepuasan Karyawan pada toko Basmalah di Kabupaten Banyuwangi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rivai Veithzal Zainal, 2014, “Islamic Human Capital Management”, (Jakarta : PT. Raja Grafindo)
Sugiyono, 2012, “MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif, R&D”, (Bandung : Alfabeta.
Artadi, Febri Furqon. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Merapi Agung Lestari. Yogyakarta: UNY
Hariandja, Marihot T.E. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.
Juniantara. I Wayan. 2015. Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Di Denpasar. Penelitian Terdahulu. Denpasar: Universitas Udayana Denpasar
Tika, Pabundu, 2005, “Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan”. Jakarta: BumiAksara.
Rivai Veithzal Zainal, et al, 2018, Islamic Marketing Management, (Jakarta : Bumi Aksara)
Prof. Dr. Wibowo, SE,., M. Phil, 2017, Manajemen Kinerja, (Depok : Rajawali Pers)
Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Anshori, Muslich & Sri Iswati. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan pertama. (Surabaya : Airlangga University Press).
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta).
Published
2020-08-02
How to Cite
KHOIRUDDIN, Muh.; MUNIR, Misbahul; ROKHIM, Abdul. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Karyawan Pada Toko Basmalah Di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Istiqro, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 170-183, aug. 2020. ISSN 2599-3348. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/istiqro/article/view/571>. Date accessed: 13 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.30739/istiqro.v6i2.571.
Section
Articles