Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Beli Produk Makanan Dan Minuman Dalam Kemasan Berlabel Halal Di Supermarket Kabupaten Jember

  • Afrila Mu’arrofah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember
  • Misbahul Munir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember
  • Abdul Rokhim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember

Abstract

Perkembangan sektor halal saat ini mulai mendapat perhatian dari banyak negara di dunia. Berdasarkan data dari Global Islamic Economy (2018) menyatakan bahwa jumlah muslim di dunia mencapai 1,8 milyar, dengan estimasi pengeluaran terhadap produk halal oleh muslim dunia pada tahun 2017 sebesar  US$ 2,1 triliun. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2010, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim mayoritas sebanyak 207.176.162 jiwa. Dengan banyaknya negara asing yang menjalin kerjasama dengan negara Indonesia dalam sektor perdagangan, menimbulkan masalah pada salah satu sisi, yakni dimana tidak semua produk yang di impor ke Indonesia memiliki jaminan halal. Menjadi hal penting untuk penyantuman label halal pada setiap makanan dan minuman dalam kemasan, guna menjamin konsumen muslim dalam mengonsumsi makanan dan minuman berkemasan. Penelitian yang akan dilakukan ini adalah untuk mengukur niat individu muslim yang ada di Kabupaten Jember dalam membeli produk makanan dan minuman dalam kemasan berlabel halal. Teori yang digunakan dalam mengukur perilaku muslim dalam mengonsumsi produk makanan dan minuman berlabel halal ini adalah dengan menggunakan Theory of Planned Bahavior (TPB). Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dimana analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap, norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat. Sedangkan persepsi kontrol perilaku berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap niat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Amherst: University of Massachusetts.
Al-Qur’an dam Terjemahnya. (2011). Kementerian Agama Republik Indonesia.
Andryani, Dwinta dan Kurniawati. (2015). Pengaruh Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control Pelanggan Non Muslim Terhadap Intention to Purchase. Manajemen (online). 674-681.
Ardani, N. P dan Ni Putu Ratih Astarini Dewi. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Ulang Produk Fashion Via Online di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen (online). Vol. 5, No. 1. 650-677.
Ari Andika Perdana, dkk. (2018). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku dan Etika Terhadap Whistleblowing Intention dan perilaku Whistleblowing (Studi Empiris di BPKP Perwakilan Riau dan Sumatera Barat). Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, (Online), Vol. 11. 89-98.
Bungin, Burhan. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif “Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya”. Jakarta: Prenadamedia Group.
Firmansyah, M. Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Sleman: Deepublish.
Grewal, Dhruv dan Michael Levy. (2012). Marketing. Amerika: Doug Hughes.
Halaldinar.oi/hdn/doc/report2018.pdf. accessed on date July 11, 2019.
https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik?id=35 accessed on date December 2, 2019.
https://jemberkab.bps.go.id/publication.html. accessed on date Spetember 05, 2019.
https://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/go¬_to_section/3/32/page/1. accessed on date Agustus 10, 2019.

Ishaq dan Adistiar Prayoga. (2017). Kesadaran Halal dalam Minat Beli Produk Kue yang Belum Bersertifikat Halal, Manajemen Bisnis (Online),
Kurniati. (2016). Teori Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam, (online), Volume VI.
Latan, Hengky, Selva Temalagi. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikas Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta.
LPPOM-MUI. (2008). Panduan Umum Sistem Jaminan Halal LPPOM-MUI. Jakarta: LPPOM-MUI.
Pramesti, Getut. (2014). Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Program Pascasarjana. (2018). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jember: PPS IAIN Jember.
Ramdhani, Neila. (2011). Penyusunan Alat Pengukur Berbasis Theory of Planned Behavior, Psikologi (Online), volume 19, No. 2. 55-69.
Said, Mahiah, dkk. (2013). Assesing Consumers’ Perception, Knowledge, and Religiosity on Malaysia’s Halal Food Products. Social and Behavioral Sciences 130 (Online). 120-128.
Saputra, Ahmad Haris. (2017). Pengaruh Persepsi Sikap, Norma Subjektif, dan Kendali Perilaku Terhadap Niat Mengalokasikan Anggaran Berbasis Lingkungan Hidup Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Tesis. Bandar Lampung: Program Pascasarjana Universitas Lampung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trisdayana, Alit Suryani, Ida Bagus Sudiksa. (2018). Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat dan Keputusan Pembelian.Manajemen, (Online), Vol. 7, No. 3. 1452-1480.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.
Utama, I. G. (2018). Statistik Penelitian Bisnis dan Pariwisata (Dilengkapi Studi Kasus Penelitian). Yogyakarta: ANDI.
Wikamorys, Dian Anggraini dan Thinni Nurul Rochmach. (2017). Aplikasi Theory of Planned Behavior dalam Membangkitkan Niat Pasien Untuk Melakukan Operasi Katarak. Administrasi Kesehatan Indonesia, (Online), Volume 5 Nomor 1. 32-40.
Yusuf, A. Muri. (2010). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zulham. 2013. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Prenadamedia Group.
Published
2020-08-02
How to Cite
MU’ARROFAH, Afrila; MUNIR, Misbahul; ROKHIM, Abdul. Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Beli Produk Makanan Dan Minuman Dalam Kemasan Berlabel Halal Di Supermarket Kabupaten Jember. Jurnal Istiqro, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 154-169, aug. 2020. ISSN 2599-3348. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/istiqro/article/view/570>. Date accessed: 24 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.30739/istiqro.v6i2.570.
Section
Articles