Peningkatan Ekonomi Pesantren Melalui Budidaya Vanili Dengan Sistem Agrikultur Di Kabupaten Bondowoso

  • Mustaqim Makki STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo
  • H Subairi STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo

Abstract

Pesantren di Indonesia yang jumlahnya Mencapai ribuan sebenarnya mempunyai potensi yang sangat besar dalam bidang ekonomi. Namun potensi yang dimiliki oleh pesantren belum banyak diperhatikan, baik oleh pemerintah maupun oleh internal pesantren itu sendiri. Pemerintah selama ini kurang optimal melihat potensi ekonomi yang dimiliki oleh pesantren. Karena pesantren dianggap lembaga pendidikan tradisional yang tidak memiliki nilai strategis dalam bidang ekonomi. Sedangkan sebagian besar pesantren menganggap bahwa persoalan ekonomi bukanlah urusan pesantren karena urusan ekonomi merupakan persoalan duniawi, sehingga tidak perlu diperhatikan secara serius. Perspektif para pakar tentang pesantren secara mayoritas mengatakan demikian bahwa pesantren masih bergerak dalam bidang pendidikan tradisional yang masih mempertahankan pembelajaran kitab-kitab klasik. Padahal jika kita melihat potensi dan perkembangan pesantren seperti yang dikemukakan oleh Azzumardi Azra, pesantren sekarang harus diharapkan tidak lagi sekedar memainkan fungsi tradisionalnyayait u: Tranmissi dan Tranfer ilmu-ilmu agama (Islam), pemeliharaan tradisi Islam, menciptakan Ulama, tetapi juga menjadi pusat penyuluhan kesehatan, pusat pengembangan tekhnologi tepat guna bagi masyarakat pedesaan, pusat usaha-usaha penyelamatan pelestarian dan lingkungan hidup dan lebih penting lagi menjadi pusat pemberdayaan masyarakat dan sekitarnya. Dengan konsep pemberdayaan ekonomi pesantren ini dan melihat peluang tanaman Vanili (emas hijau), maka pesantren akan lebih mudah dalam mengatasi permasalahan ekonomi pesantren untuk operasional pendidikan.


Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Warson Munawwir, Kamus Arab Indonesia al-Munawwir, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997
Azzumardi Azra “ Jaringan Ulama”, Bandung, Mizan, 1997
Aravik Havis, Sejarah Pemikiran Eonomi Islam Kontemporer, Depok, Pustaka Kencana 2017
Asy’ary Musa, Filsafat Ekonomi Islam, Lesfi Jogjakarta, 2017
Al Arif Nur Rianto, Pengantar Ekonomi Syariah, Teori dan Praktek, Pustaka Setia, Bandung
Damsar, Pengantar Sosiologi Pedesaan, Depok, Pustaka Kencana
Herman DM, Sejarah Pesantren di Indonesia, Moraref, Jurnal al Ta’dib. Vol 6 No,2. Juli-Desember. 2013
Moh Nadzir, membangun Pemberdayaan Ekonomi Pesantren, Moraref Jurnal, Vol VI/ Edisi I/ Mei 2015
Nadzir, Mohammad. "Membangun Pemberdayaan Ekonomi Di Pesantren." Economica: Jurnal Ekonomi Islam 6.1 (2015): 37-56.
Pangkalan Data Pondok Pesantren. Ditpdpontren.kemenag.go.id
Rimbawan, Y. (2012). Pesantren dan Ekonomi: Kajian Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Darul Falah Bendo Mungal Krian Sidoarjo Jawa Timur.
Zainal Arifin Thoha, Runtuhnya Singgasana Kiai “NU” Pesantren dan Kekuasaan: Pencarian Tak Kunjung Usai, Yogyakarta, Kutub, 2003
Published
2020-02-11
How to Cite
MAKKI, Mustaqim; SUBAIRI, H. Peningkatan Ekonomi Pesantren Melalui Budidaya Vanili Dengan Sistem Agrikultur Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Istiqro, [S.l.], v. 6, n. 01, p. 40-57, feb. 2020. ISSN 2599-3348. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/istiqro/article/view/534>. Date accessed: 24 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.30739/istiqro.v6i01.534.
Section
Articles