A Kontribusi Marketing Syariah dan Citra Lembaga Dalam Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung

Kontribusi Marketing Syariah dan Citra Lembaga

  • Nur Anim Jauhariyah IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Kiki Fitria IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Mahmudah Mahmudah IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi

Abstract

The purpose of this study 1) Knowing the influence of sharia marketing (X1) on customer decisions (Y) saving; 2) Determine the magnitude of the influence of the image of the institution (X2) on the customer's decision (Y) to save; 3) Knowing the simultaneous influence between sharia marketing (X1) and institutional image (X2) on Customer Decision (Y) saving.In this study using a quantitative approach to the type of survey research.Determination of the research sample using simple random sampling technique with 30 respondents. Research conclusions 1) Sharia marketing Bank Syariah Mandiri KC Genteng Banyuwangi Regency is one of the factors that influence customers' decision to save. The better the marketing of sharia is carried out, the more interested the public will be in saving at Syariah Syariah Bank KC Genteng Banyuwangi Regency; 2) the image of the institution of Bank Syariah Mandiri KC Genteng Banyuwangi Regency is one of the factors that influence the interests of customers to save. The better the image in the minds of the public, the more interested people will be saving at the Syariah Mandiri Bank KC Genteng Banyuwangi Regency; 3) sharia marketing (X1) and institutional image (X2) are the dominant variables on customer decisions (Y) saving at Bank Syariah Mandiri KC Genteng BanyuwangiRegency.


 


Keywords: Sharia marketing, institutional image and customer decision.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Referensi
Al-Qur’an dan terjemahannya. 2008. Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro.
Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aritonang, 2007.Manajemen pemasaran. Edisi 13, Jakarta:Erlangga
Chalil, Dahlawy Rifan. 2012. Peran Keterlibatan Konsumen Sebagai Variaba Moderasi Hubungan Antara Kepuasan Pelanggan Dan Citra perusahaan Pada Loyalitas.Yogyakarta UGM.
Fathoni, Abdurahman. 2006. Manajemen pemasaran, malang: UB Press
Kasmir, 2004.Manajemen Perbankan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir, 2008. Pemasaran Bank.
Nurwanto, Arif, 2015. Pengaruh Citra Lembaga Dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Bpd Diy Syariah.Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Philip, Kotler. 2004. manajemen pemasaran. Edisi Millenium 1, Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia
Philip, Kotler. 2004. manajemen pemasaran. Edisi Millenium 1, Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia
Peraturan Bank Indonesia Nomor 3/10/PBI/2001 Tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah.
Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung:Alfabeta
Said, Abu. 2016. Pengaruh Brand Image,Word Of Mouth, Dan Iklan Terhadap Minat Nasabah Menabung Di Bmt Se-Kabupaten Demak. STAIN Kudus, Jawa Tengah.
Syarifuddin, Hidayat. 2011. Garis-Garis Besar Fiqh, Jakarta:Pernada Media.
Siregar, Gautama Budi, 2018 “ Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah Pada Pt. Bank Sumut Cabang Syariah Padang Sidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.
Soemirat, soleh. 2012, Dasar-Dasar Public Relation, Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2004.Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV. Alvabeta
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatfi, kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung
Sugiyono,2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trout, Jack. 2004. Trout On Strategy Menguasai Bank Consume, Jakarta: Buana Ilmu Popular.
Tamala, Isro’ati Laila. 2016. Pengaruh Diferensi Produk Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Pt Bsm Kantor Cabang Rogojampi Banyuwangi. Skripsi. Banyuwangi: fakultas Ekonomi dan bisnis islam IAIDA Blokagung
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tentang Perbankan Pasal 1 ayat (5).
Published
2020-02-11
How to Cite
JAUHARIYAH, Nur Anim; FITRIA, Kiki; MAHMUDAH, Mahmudah. A Kontribusi Marketing Syariah dan Citra Lembaga Dalam Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung. Jurnal Istiqro, [S.l.], v. 6, n. 01, p. 11-26, feb. 2020. ISSN 2599-3348. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/istiqro/article/view/526>. Date accessed: 24 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.30739/istiqro.v6i01.526.
Section
Articles