Lingkungan Bahasa dalam Peningkatan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Bagi Siswa Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto Jawa Timur Tahun 2012

  • Ro’fat Hizmatul Himmah Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keadaan lingkungan bahasa, fungsi lingkungan bahasa serta pengaruh lingkungan bahasa terhadap peningkatan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa MBI Amanatul Ummah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para guru dalam mengembangkan lingkungan bahasa yang lebih kondusif lagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, metode pemaparan fenomena sebagaimana kenyataan dan menarik kesimpulan dengan fenomena-fenomena yang nyata.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Dari hasil pengamatan (observasi) penyusun serta wawancara dengan koordinator dan guru bahasa Arab MBI Amanatul Ummah adalah lingkungan bahasa di MBI Amantul Ummah ada dua macam; lingkungan formal dan non formal atau alamiah. Pengaruh lingkungan bahasa terhadap kemahiran berbicara bahasa Arab mengalami peningkatan berdasarkan nilai rata-rata semester ganjil dan genap siswa putra sebesar 7,52 menjadi 8,17 dan siswi putri dari 7,45 menjadi 8,19. Berdasarkan pengamatan terhadap kedua nilai rata-rata diatas maka siswa putra mengalami peningkatan dalam nilai rata-rata kelas sebesar 0,55% dan siswa putri 0,64%. Dilihat dari peningkatan nilai diatas dapat disimpulkan bahwa lingkungan bahasa dapat berpengaruh terhadap peningkatan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa MBI Amanatul Ummah. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-22
How to Cite
HIMMAH, Ro’fat Hizmatul. Lingkungan Bahasa dalam Peningkatan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Bagi Siswa Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto Jawa Timur Tahun 2012. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 209-224, may 2017. ISSN 2549-4171. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/89>. Date accessed: 25 sep. 2017.