Penerapan Metode Muhadasah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Guna Peningkatan Keberhasilan Siswa Kelas XI MA. Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Lowokwaru Malang

  • Ilham Nur Kholiq Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui kemampuan siswa Kelas XI MA. Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Lowokwaru Malang dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam kemahiran berbicara. Penerapan Metode muhadasah dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Guna Meningkatkan Ketrampilan Kalam Siswa Kelas XI MA. Hidayatul Mubtadiin merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Perencanaan Tindakan, Implementasi Tindakan, Observasi dan Interpretasi, Analisis ,Refleksi, Siklus Penelitian dan Penyusunan Instrumen. SedangkanĀ  data penelitian diambil dari Pengamatan Partisipasi, Observasi Aktifitas Kelas dan Metode Wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode muhadasahdalam pembelajaran bahasa arab, mempunyai efektifitas yang cukup besar. Karena selain membiasakan murid untuk mendengarkan cara berbicara bahasa Arab, juga mampu mendapatkan kosakata yang baru. Selain itu juga metode muhadasah mampu memberikan motivasi belajar dan mempelajari unsur unsur bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-22
How to Cite
KHOLIQ, Ilham Nur. Penerapan Metode Muhadasah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Guna Peningkatan Keberhasilan Siswa Kelas XI MA. Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Lowokwaru Malang. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 126-139, may 2017. ISSN 2549-4171. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/83>. Date accessed: 21 nov. 2017.