Kontribusi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan pada STAI Darussalam Banyuwangi

  • Eko Budiywono Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi

Abstract

Sistem informasi manajemen merupakan sarana yang tepat yang dapat mengantarkan organisasi informasi mengkoordinasikan segenap aspek kebutuhan pelanggan, sebagai pihak yang menerima layanan pendidikan. Lembaga pendidikan memanfaatkan sistem informasi manajemen sebagai penunjang layanan pendidikan. Dengan adanya sistem informasi manajemen, informasi yang ada tersusun dengan baik, sehingga sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Akibatnya organisasi informasi pada sebuah lembaga dapat bekerja dengan baik, karena didukung oleh akurasi yang diterima pelanggan. Artinya sistem informasi manajemen mempunyai peran signifikan, karena dapat membantu menyajikan data yang akurat, cepat dan fleksibel. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peranan SIM dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. 2) Untuk mengetahui strategi BAAK dalamrangka meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik “snow-ball”(bola salju). Sedangkan  pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis domain dan taksonomi untuk mengungkapkan strategi-strategi yang diterapkan oleh BAAK STAI Darussalam Banyuwangi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di pesantren.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Manajemen (SIM), dalam hal ini lebih banyak dijalankan oleh BAAK, yang dikelola dengan baik dengan memaksimalkan fungsi-fungsi manajemen dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, khususnya di STAI Darussalam Banyuwangi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-22
How to Cite
BUDIYWONO, Eko. Kontribusi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan pada STAI Darussalam Banyuwangi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 114-125, may 2017. ISSN 2549-4171. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/82>. Date accessed: 21 nov. 2017.