Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi

  • Moh. Harun AlRosid Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi

Abstract

Nilai-nilai pendidikan karakter  perlu ditumbuhkembangkan peserta didik yang pada akhirnya akan menjadi cerminan hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sekolah memiliki peranan yang besar dalam pengembangan pendidikan karakter karena peran sekolah sebagai pusat pembudayaan melalui pendekatan pengembangan budaya sekolah (school culture). Studi dalam penelitian ini mengenai Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang perencanaan guru dan implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Artinya penelitian ini berusaha mengungkapkan secara obyektif dan sistematis fakta-fakta atau peristiwa yang terkait dengan munculnya gejala-gejala dari yang menjadi pusat perhatian penelitian. Penelitian ini berusaha untuk mengembangkan pengetahuan yang lebih mendalam atau pencarian makna-makna dibalik munculnya gejala yang terkait dengan subyek penelitian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-22
How to Cite
ALROSID, Moh. Harun. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 21-43, may 2017. ISSN 2549-4171. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/77>. Date accessed: 20 sep. 2017.