Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi

  • Nawal Ika Susanti Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi
  • Rizka Qurroti Aini Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran anak didiknya. Salah satunya adalah kompetensi pedagogik yang dimiliki guru bidang studi matematika akan memberikan kontribusi peningkatan prestasi siswa. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, prestasi belajar siswa bidang studi matematika kelas VII MTs. Al-Amiriyyah  banyak yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal bidang studi. Beberapa hal yang dapat mengakibatkan rendahnya nilai prestasi siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal diantaranya dikarenakan oleh kompetensi intelektual yang dimiliki anak didik dan juga kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru. Oleh karena itu, dalam penelitian ini difokuskan seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru bidang studi matematika di MTs. AL-Amiriyyah terhadap prestasi belajar siswa kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini bahwa kompetensi pedagogik guru bidang studi matematika memiliki pengaruh sebesar 8,3% dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII sedangkan sisanya 91,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-21
How to Cite
SUSANTI, Nawal Ika; AINI, Rizka Qurroti. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 126-139, may 2017. ISSN 2549-4171. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/69>. Date accessed: 26 may 2020.
Section
Articles