Kontribusi Strategi Marketing Dalam Mengembangkan Pesantren Darussalam Putri Blokagung Tegalsari Banyuwangi

Authors

  • Siti Aimah Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi, Indonesia

Keywords:

Strategi Marketing, Pesantren Darussalam Blokagung

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada strategi marketingdalam mengembangkanpesantren Darussalam Putri Blokagung Tegalsari Banyuwangi, terkait hal tersebut penulis berusaha menjawab 4 pertanyaan pokok, yaitu : (1) Apa saja kontribusi strategi marketing dalam meningkatkan kuantitas santri pesantren Darussalam  putri Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun 2015? (2) Bagaimana Follow Up (tindak lanjut) implementasi strategi marketing dalam pengembangan kualitas pesantren Darussalam putri ?  (3) Bagaimana peran pimpinan pada implementasi marketing pesantren Darussalam  putri? (4) Bagaimana pengembangan strategi yang tepat diterapkan untuk marketing pesantren Darussalam putri tahun 2015?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis Matrik General Electrik dan analisis SWOT. Dengan informan kunci ketua pondok dan informan pendukung: guru, pengurus, santri, alumni.  Untuk mendapatkan informasi peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara  dan dokumentasi.Dari data yang diperoleh dan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa (1) kontirbusi strategi marketing dalam meningkatkan pangsa pasar dan daya saing. (2)Follow Updalampengembangan kualitas adalah dengan mengadakan berbagai kegiatan ekstrakuler, peningkatan Sumber Daya Insani, perbaikan sistem pengajaran dan penambahan fasilitas. (3) Peran pimpinan adalah sebagai perencana, pengoganisasi,  supervisor, komunikator dan evaluator.(4) Strategi yang tepat diterapkan bagi markleting pesantren Darussalam putri Blokagung Tegalsari Banyuwangi adalah penggunaan manajemen marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-05-21

Issue

Section

Articles

Citation Check