Korelasi Antara Penguasaan Qawāid Dan Mufradāt dengan Penguasaan Mahārah Al Qirā’ah dan Mahārah Al Kitābah Dalam Kemahiran Berbahasa Arab Di Madrasah Aliyah Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi

Authors

  • Ilham Nur Kholiq Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi, Indonesia

Keywords:

Qawāid, Mufradāt, Mahārah Al Qirā’ah, Mahārah Al Kitābah dan Kemahiran Berbahasa Arab

Abstract

Kemahiran berbahasa Arab di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi diajarkan secara integral dan didukung dengan unsur-unsur bahasa Arab dan media-media pembelajaran. Adapun mahÄrah al qirÄ’ah dan al kitÄbah diajarkan dalam setiap pertemuan dan disertai unsur-unsur bahasa Arab berupa mufradÄt dan qawÄid untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara mufradÄt dan qawÄid dengan penguasaan mahÄrah al qirÄ’ah dan mahÄrah al kitÄbah dalam kemahiran berbahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif, korelasi ganda. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan (1). Penguasaan qawÄid mendapatkan kategori tinggi dengan presentase 51,66% (2) Penguasaan mufradÄt mendapat kategori tinggi dengan presentase 55,00% (3) Penguasaan mahÄrah al qirÄ’ah mendapatkan kategori tinggi dengan presentase 46,66% (4). Penguasaan mahÄrah al kitÄbah mendapat kategori tinggi dengan presentase 38,33% (5) Korelasi penguasaan qawÄid dan mufradÄt dengan mahÄrah al qirÄ’ah mempunyai  koefisien korelasi sebesar 0.522. hal ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan.(6) pengusaan qawÄid dan mufradÄt dengan mahÄrah al kitÄbah mempunyai koefisien korelasi sebesar 0.486. hal ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-05-21

Issue

Section

Articles

Citation Check