Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Siswa SMP Plus Darussalam Blokagung Banyuwangi

Authors

  • Siti Aimah Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi, Indonesia

Keywords:

Upaya guru, Perkembangan siswa

Abstract

SMP Plus Darussalam Blokagung Karangdoro kecamatan Tegalsari Banyuwangi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan peserta didik. Hal ini dilakukan karena lembaga tersebut menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui upaya guru dalam meningkatkan perkembangan siswa SMP Plus Darussalam Blokagung Karangdoro kecamatan Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2013/2014 dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpul data: wawancara dengan teknik porposive sampling, observasi, serta di analisis dengan analisis wacana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa guru telah berupaya semaksimal mungkin melalui tugas guru dalam pembelajaran, yaitu sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing. Sementara itu upaya meningkatkan perkembangan siswa oleh guru diantara: Pertama Pengembangan kognitif siswa, dilakukan melalui penyampaian ilmu pengetahuan melalui materi yang sudah ditentukan dalam kurikulum. Kedua, Pengembangan afektif siswa, dilakukan melalui contoh atau teladan antara lain prilaku, dan perbuatan yang relevan dengan perkembangan siswa. Ketiga Pengembangan psikomotorik siswa, dilakukan melalui motivasi-motivasi, dorongan, stimulasi dan tindakan psikologis secara tegas dan rutin

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-09-30

Citation Check