Konstruksi Pendidikan Relasi Kiai Dan Santri Di Pondok Pesantren Lintang Songo Piyungan Yogyakarta

(Sebuah Pendekatan Multidisipliner)

  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Yogyakarta

Abstract

This study aims to reveal leadership in Islamic Boarding School (Pondok Pesantren) Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta and the construction of educational relations between Kiai and santri in the context of a multidisciplinary approach. The results of the study show that there are three approaches produced. In the Normative approach, there are five things that can be revealed. 1). Straightening intentions, 2). Choosing a teacher and glorifying science and experts, 3). Learning and deliberation diligently, 4). Studying overseas and endure the difficulties which they experience, and 5). Working and praying for sufficiency. Whereas in the Psychology approach, it appears that the relationship between Kiai and santri has a very good attachment. Kiai Heri never takes the position himself as a leader and santri as subordinates, but their relationship is very intimate, like parents to their children. Furthermore, in the Sociology approach, Pondok pesantren Lintang Songo could be studied in three environments, namely material, social, and symbolic environments.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:
Az Zanurji, Syaikh Burhanuddin. TT. Ta’limul Muta’allim. Terj. Kudus: Menara Kudus.
Hadari, Nawawi. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.
Kuntowijoyo. 2006. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacara.
Lukiati, Komala. 2009. Ilmu Komunikasi: Perspektif, Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjadjaran.
Mastuhu. 2004. Dinamika Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nasution, Khoiruddin. 2016. Pengantar Studi Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Masyhud, Sulthon. 2005. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.
Sudikan, Setya Yuwana Sudikan. TT. Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner dan Transdisipliner dalam Studi Sastra. Surabaya: UNS Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Cet. ke-22. Bandung: Alfabeta.
Syam, Nina W. 2011. Psikologi sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Jurnal dan Tesis:
Cenceng. 2015. Perilaku Kelekatan pada Anak Usia Dini (Perspektif John Bowlby). Jurnal Lentera. Vol IXX No 2.
Driyanti, Restituta. 2011. Makna Simbolik Tato bagi Manusia Dayak. Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.
Hidayah, Nurul. 2018. Kaderisasi Kepemimpinan Pesantren terhadap Putra Kiai, Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Purworejo. Sangkep. Jurnal Studi Sosial Keagamaan. Vol. 1 Nomor 2.
Muzakki. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Kiai terhadap Kecerdasan Emosi Santri di Pondok Pesantren Kebon Jambu Babakan Ciwangan Cirebon. Jurnal Holistik. Vol. 14 Number 01.
S, Hannah Fithrotien. 2015. Hubungan Antara Persepsi Santri Nahun Terhadap Figur Kiai. Tesis. Malang: UIN Malik Ibrahim.

Website:
Mahasin, Aswab. 2017. Dakwah Kultural Kiai Kampung. Diakses dari http://www.nu.or.id/post/read/80656/dakwah-kultural-kiai-kampung pada 14 Februari 2019 pukul 10.00 WIB.
NU Online. 2013. Pondok Pesantren Lintang Songo Bantul. Diakses dari http://www.nu.or.id/post/read/43550/pondok-aswaja-lintang-songo-bantul pada 24 Maret 2019 pukul 19.30 WIB.

Observasi dan Wawancara:
Hasil observasi di pondok pesantren Lintang Songo pada 12 Februari 2019 pukul 09.00 WIB.
Hasil observasi peneliti di Pondok Pesantren Lintang Songo pada 22-23 Januari 2019.
Hasil observasi peneliti di Pondok Pesantren Lintang Songo pada 12-14 Mei 2019.
Wawancara dengan kiai Heri (pengasuh Pondok Pesantren Lintang Songo) pada 12 Februari 2019 pukul 10.30 WIB.
Wawancara personal dengan ustaz Anwar (pengajar di Pondok Pesantren Lintang Songo) pada 24 Februari 2019 pukul 16.30 WIB.
Wawancara personal dengan Syifa (santri di Pondok Pesantren Lintang Songo) pada 25 Februari 2019 pukul 13.30 WIB.
Wawancara personal dengan Syifa (santri senior sekaligus ustadz di Pondok Pesantren Lintang Songo) pada 2 Maret 2019 pukul 15.00 WIB.
Wawancara personal dengan Sugiman, santri di Pondok Pesantren Lintang Songo pada 25 Februari 2019 pukul 08.30 WIB.
Wawancara personal dengan kiai Heri (Pengasuh Pondok Pesantren Lintang Songo) pada 24 Februari 2019 pukul 09.00 WIB.
Wawancara personal dengan Fendi, Sugiman, dan Heru (santri-santri senior di Pondok Pesantren Lintang Songo), pada 24 Februari 2019 pukul 11.30 WIB.
Wawancara personal dengan ustaz Rubiman (pengajar di Pondok Pesantren Lintang Songo) pada 2 Maret 2019 pukul 16.30 WIB.
Published
2019-09-20
How to Cite
ICHSAN, Ahmad Shofiyuddin. Konstruksi Pendidikan Relasi Kiai Dan Santri Di Pondok Pesantren Lintang Songo Piyungan Yogyakarta. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 199-221, sep. 2019. ISSN 2549-4171. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/458>. Date accessed: 21 jan. 2020. doi: https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i1.458.