Pengaruh Lingkungan dan Input terhadap Proses Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 2 Purworejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan dan input terhadap proses projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMK Negeri 2 Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan kasualitas , model penelitian menguunakan CIPP (context, input, process, product). Populasi penelitian ini sebanyak 465 siswa dan 26 fasilitator yang ditentukan dengan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala likert dengan alternatif jawaban 4. Untuk uji validitas menggunakan validitas konstruk dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif lingkungan berada pada kategori sangat baik (3,5), input kagetori baik (2,92) dan proses kategori baik (3,06). Hasil korelasi parsial menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan terhadap proses sebesar 51,98% (rhitung = 0,721, t = 3,119, sig = 0,012 < 0,05). (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara input terhadap proses sebesar 42,51% (rhitung = 0,652, t = 2,582, sig = 0,030 < 0,05). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan dan input secara bersama – sama terhadap proses sebesar 60,00% {(R) 0,774, Fhitung = 6,737, sig = 0,016 < 0,05} sehingga seluruh hipotesis diterima.
Downloads
References
Dwi Alfina, I. A., & Hasanah, F. N. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran Kegiatan P5 Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Negeri 2 Buduran. Physical Sciences, Life Science and Engineering, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/pslse.v1i2.195
Hardianti, M., Wulan, N., & Wirawan, Y. R. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Dalam Menumbuhkan Minat Entrepreneurship Di Smkn 5 Madiun.
Irsyad, & Fitri, Y. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Batusangkar. Journal Of Social Science Research, 3 Nomor 4(2), 5149–5157. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/42318
Kasmudi, I., & Al Kattani, A. H. (2025). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Sahid Bogor. Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 109–120. https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1
Kemendikbudristek. (2022). Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila.
Musa, A., Dzakiyyuddin, M., & Ali Nurzen Amin, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Smk. Manajemen Pendidikan, 18(2), 99–113. https://doi.org/10.23917/jmp.v18i2.23284
Nurjanah, K., & Saadah, H. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema suara demokrasi di SMK Setia Karya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 5(2), 27–33.
Rahmawati. (2022). PROSES IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ( P5 ) DI SMA ISLAM AL-MAARIF SINGOSARI.
Ulandari, R. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM KEARIFAN LOKAL UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK N 3 MATARAM.
Ulfah, N., Sumardiyani, L., Ardini, S. N., & Pramesti, M. R. D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema Suara Demokrasi Di Smk Negeri 6 Semarang. PRIMER?: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 455–462. https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.178
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua artikel yang dipublikasikan dapat diakses secara umum melalui online dan bersifat bebas download
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/