Pengaruh Motivasi Belajar Santri Terhadap Peningkatan Kajian Kitab Salaf Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun 2016

  • M. Khozin Kharis Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui motivasi belajar santri dalam peningkatan kajian kitab salaf di pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi, (2) Mengetahui kajian kitab salaf di pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi, (3) Mengetahui pengaruh motivasi belajar santri terhadap  peningkatan kajian  kitab salaf di pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik product momentpada uji validitas data dan untuk mencari reliabilitas data menggunakan rumus alpha, sedangkan pada uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T, kemudian untuk uji normalitas data menggunakan uji non parametik tes dan analisis data dengan menggunakan model regresi. Popoulasi penelitian ini adalah para santri pondok pesantren Darussalam yang berjumlah 100. Untuk mengukur variabel, peneliti menggunakan kuesioner untuk peningkatan kajian kitab salaf dan motivasi belajar. Setelah melakukan analisis data yang dikumpulkan, ditemukan bahwa (1) Motivasi belajar santri di pesantren Darussalam Blokagung adalah sangat baik. (2) Peningkatan kajian kitab salaf di pesantren Darussalam Blokagung adalah sangat baik. (3) Ada pengaruh dari motivasi belajar santri terhadap peningkatan kajian kitab salaf di pesantren Darussalam Blokagung.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

AbuddinNata, 2001. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. PT. RajagrafindoPersada, Jakarta.
Anton M. Moeliono. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Balai Pustaka.
Arikunto,S. 1990. Metode Penelitian. Penerbit Kangasa. Jakarta.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. RinekaCipta.
As Ad Aly.2007. Terjemah Ta’limul Muta’alim. Yogyakarta: Menara Kudus.
Enung K. Rukiati, Fenti Hikmawati, Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia (Bandung: PustakaSetia, 2006).
Dhofier, Zamakhsyari (1994). Tradisi Pesantren. Jakarta. LP3ES
Dimyati Dan Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta.
Fathurrohman, Pupuh Dan Sutikno, M. Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: RefikaAditama.
Faisal S. (1995). Format-Format Penelitian Sosial, Dasar-Dasar Dan Aplikasi. Cetakan Ketiga, Penerbit PT. Raja GrofidoPersada.
Ghofur Abdul. 2009. Model Pengembangan Pendidikan Pesantren Bagi Anak Pengungsi. Malang: Aditya Media.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: BumiAksara
Ibrahim Dan Syaodih S. Nana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT RinekaCipta
Margono, Drs. S. Margono (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta RinekaCipta
Marzuki, 2000.Metodologi Riset.Yokyakarta: BP + E –UII
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung: PT RemajaRosdaKarya, 2008).
Nasution. 2003. Metode Research. Jakarta: PT. BumiAksara
Nor AlyHerry Dan Suparta.2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amissco.
PS, Djarwanto. 1984. Pokok-Pokok Analisa Laporan Keuangan,Yokyakarta.
Siyaqi.Http: Karya Ilmiah.Um. Ac. Id/Index. Pht/Disertasi/Article/View. 901. (Online).
Supriyanto, Didik. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora 4, no. 1 (April 25, 2017): 219-239. Accessed December 12, 2017.
Soepono, Prasetyo. Analisis Shift-Share: Perkembangan Dan Penerapan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia. Septeber 1993.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D) Bandung: Alfabeta.
T. Rika Joni. (1977). Teori Mengajar Dan Psikologi Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Walker, Adward L. (1973). Condisioning And Instrumental Learning. (Ahli Bahasa: Tim Dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia) YayasanPenerbit UI. Jakarta n awal penelitian, memuat:Sampul, halaman persetujuan, halaman
Wajdi, M. (2017). Lesson Study To Improve Quality Of Learning. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/XJDEH
Published
2017-10-10
How to Cite
KHARIS, M. Khozin. Pengaruh Motivasi Belajar Santri Terhadap Peningkatan Kajian Kitab Salaf Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun 2016. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 190-205, oct. 2017. ISSN 2549-4171. Available at: <http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/125>. Date accessed: 24 feb. 2018. doi: https://doi.org/10.30739/darussalam.v9i1.125.