Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Pembiayaan Bermasalah Di BMT Artha Abadi
Keywords:
Service quality, Complaint handling, Problematic financingAbstract
This research aims to analyze the influence of service quality and complaint handling on problematic financing at BMT Artha Abadi Jepara. The method used in this research is a quantitative method with a field research design. The research sample was 32 respondents. The data analysis used is multiple linear regression analysis with the help of SmartPLS4 software. The research results show that service quality has no effect on financing problems at BMT Artha Abadi Jepara (p-value: 0.384>0.05). Handling complaints has no effect on problematic financing at BMT Artha Abadi Jepara (p-value: 0.215>0.05). Service quality and complaint handling simultaneously or together influence problematic financing at BMT Artha Abadi Jepara (p-value: 0.000<0.05). The results of this research can be an alternative solution to reduce the high number of financing problems that often occur in various financial institutions. Through this research, it was found that jointly or simultaneously, service quality and complaint handling can influence problematic financing. In this way, it is hoped that it can make a contribution to financial institutions experiencing problems related to problematic financing.
Downloads
References
Agatha, Ellen Mahendra, and Dyva Claretta. 2023. “Program Pendayagunaan
Masyarakat Pada Kegiatan Lmi Innovation Weeks 2023.” Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat 3 (1): 234–37.
Amiruddin. 2020. “Kelayakan Nasabah Dalam Pemberian Pembiayaan Pada PT.
Bank Pembiayaan Rakyat Syariah IMB Kota Makassar.” Al-Mashrafiyah:
Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah 4 (2): 29.
https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v4i2.15867.
Andriani, Rika, Arbanur Rasyid, and Zulaika Matondang. 2022. “Pengaruh Karakter
Dan Kondisi Ekonomi Nasabah Terhadap Pembiayaan Bermasalah (Studi Pada
BMT Nurul Iman Madani Aek Nabara).” Journal of Islamic Social Finance
Management 3 (1): 94–106. https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i1.5956.
Astuti, Widya, and Teguh Suripto. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Pembiayaan Bermasalah (Studi Kasus Di BMT Artha Barokah Yogyakarta
.” JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 5 (1): 49.
https://doi.org/10.21927/jesi.2015.5(1).49-62.
Auwalia, Fitrotul. 2018. “Pengaruh Alat Komunikasi Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Pengurangan Pembiayaan Bermasalah Di Bmt Sinar Amanah
Tulungagung.” Repository of UIN SATU Tulungagung, 60–61.
Batin, Mail Hilian. 2019. “Penanganan Keluhan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas
Nasabah.” Journal of Islamic Banking and Finance 3 (1): 45.
Cesariana, Carmelia, Fadlan Juliansyah, and Rohani Fitriyani. 2022. “Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace.” Jurnal
Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3 (1): 211–24.
Firmansyah, Zinedine Oktavian, and Nurholis Mudioretno. 2024. “Penanganan
Pembiayaan Bermasalah Pada Kredit Pemilikan Rumah ( KPR ) Di Bank
Tabungan Negara Kantor Cabang Jember.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital
(03): 651–55.
Hidayat, Solikhul, Muhammad Zaid Alaydrus, and Masykuri Bakri. 2022. “Strategi
Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Berbasis Islamic Entreprenuership Di
Bmt Se-Kota Jepara.” Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa 7 (01): 93–102.
https://doi.org/10.37366/jespb.v7i01.381.
Ibrahim, Azharsyah, and Arianal Rahmati. 2017. “Analisis Solutif Penyelesaian
Pembiayaan Bermasalah Di Bank Syariah: Kajian Pada Produk Murabahah Di
Bank Muamalat Indonesia Banda Aceh.” Iqtishadia: Jurnal Kajian Ekonomi
Dan Bisnis Islam 10 (June 2017): 71–96.
https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v10i1.2319.
Indriyani, Susi, and Selvy Mardiana. 2016. “Pengaruh Penanganan Keluhan
(Complaint Handling) Terhadap Kepercayaan Dan Komitmen Mahasiswa Pada
Perguruan Tinggi Swasta Di Bandar Lampung.” Jurnal Bisnis Darmajaya 2
(01): 1–13.
Khoiri, Anzal Huda, and Adityawarman. 2021. “Analisis Pengaruh Kualitas
Pelayanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas
Nasabah.” Diponegoro Journal of Islamic Economics and Business 1 (1): 15–
Kurniyawati, Endah. 2019. “Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel
Intervening (Studi Kasus BNI Syariah KC Surakarta).”
Repository.Perpus.Uinsalatiga.Ac.Id/Id/Eprint/5556.
Maesaroh, Siti, and Walid Rudianti. 2022. “Peningkatan Kepuasan Konsumen Pada
UMKM Melalui Komunikasi Pemasaran, Komitmen Penangan Keluhan Dan
Kualitas Produk Di Kabupaten Banjarnegara.” Jurnal Ilmiah Ekonomi 17 (1):
–13.
Maza, Rina El. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberlangsungan Baitul
Maal Wa Tamwil Di Lampung.” FINANSIA: Jurnal Akuntansi Dan Perbankan
Syariah 01 (01): 59–76.
Millani, R Nona, Rima Semiarty, and Rizanda Machmud. 2019. “Gambaran Tingkat
Kepuasan Pasien Dalam Penanganan Keluhan (Service Recovery) Rawat Inap
Di RSUD Rasidin Kota Padang.” Jurnal Kesehatan Andalas 8 (3): 599.
https://doi.org/10.25077/jka.v8i3.1047.
Mutiah, Cicik, Wahab, and Nurudin. 2020. “Pengaruh Pembiayaan Jual Beli, Bagi
Hasil, Dan Pembiayaan Bermasalah Terhadap Kinerja Keuangan.” Jurnal Ilmu
Perbankan Dan Keuangan Syariah 2 (2): 223–42.
https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i2.33.221-241.
Risal, Taufiq. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah
Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Bmt Kampoeng Syariah.”
JMB (Jurnal Manajemen Dan Bisnis) 1 (1).
Rohaeni, Heni, and Nisa Marwa. 2018. “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan.” Jurnal Ecodemica 2 (2): 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233.
Sa’diyah, Mahmudatus. 2019. “Strategi Penanganan Non Performing Finance (NPF)
Pada Pembiayaan Murabahah Di BMT.” Conference on Islamic Management
Accounting and Economics 2: 179–89.
Saputra, Suparno, and Lucky Wilujeng Kusumawardani. 2020. “Analisis
Penanganan Keluhan Pelanggan Layanan Pos Express Pada Kantor Pos Kediri
” Bisnis Dan Pemasaran 10 (1): 1–8.
Turmudi, Muhamad. 2016. “Manajemen Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada
Lembaga Perbankan Syariah.” Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis
Islam 1 (1): 95. https://doi.org/10.31332/lifalah.v1i1.477.
Viviani, Vinda, Muslikhatul Aini, and Kharis Fadlullah Hana. 2022. “Faktor Yang
Mempengaruhi Peningkatan Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Syariah
Indonesia Cabang Kudus Masa Pandemi Covid-19.” Al-Bank: Journal of
Islamic Banking and Finance 2 (2): 139. https://doi.org/10.31958/ab.v2i2.6316.
Yeyen Widiyanti. 2020. “Prinsip Arbitrase Syariah Dalam Mengatasi Pembiayaan
Bermasalah Di Bank Syariah Mandiri Kedaton Bandar Lampung.” IAIN Metro
Digital Repository . https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3672/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ika Wahyu Purnama, Miswan Ansori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.